BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA KESEHATANLENSA NASIONALNEWS

Bangka Selatan Terima 1.246 Vaksin Covid-19, Penyimpanan Dijaga Ketat TNI-Polri

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Bangka Selatan akan menerima 1.246 dosis vaksin Sinovac dari pemerintah pusat yang diperuntukkan bagi tenaga kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Bangka Selatan, Supriyadi mengatakan berdasarkan informasi vaksin yang diberikan untuk Bangka Selatan ini adalah sebanyak 1.246 dosis.

“Informasinya hari ini vaksin dari Jakarta akan tiba di Pangkalpinang, dan kami tinggal menunggu perintah kapan vaksin itu didorong ke Kabupaten Bangka Selatan dengan dikawal oleh pihak keamanan TNI/Polri,” ujar Supriyadi kepada Lensabangkabelitung, Rabu, 6 Januari 2020.

Supriyadi menuturkan, untuk penyimpanan vaksin yang akan diterima, pihaknya telah menyediakan tujuh Cold Chain di gudang farmasi Dinkes Bangka Selatan untuk menyimpan vaksin sementara sebelum diedarkan ke puskesmas.

“Cold Chain bisa menyimpan sekitar 7000 vaksin. Sedangkan untuk pelaksanaan vaksin, kita telah menyiapkan petugas vaksinator dan fasilitator yang sudah dilatih untuk memberikan vaksin kepada tenaga kesehatan. Dari hasil vicon dengan Mendagri dan Menkes informasinya tanggal 14 Januari nanti secara serentak seluruh Indonesia vaksin diberikan kepada tenaga kesehatan,” ujar dia.

Kapolres Bangka Selatan AKBP Agus Siswanto mengatakan pihaknya menyiapkan petugas keamanan dari Brimob, Sabara dan juga dibackup oleh TNI yang masing-masing tiga personel dengan sistem kerja dua ship dalam satu hari untuk pengamanan vaksin.

“Kalau untuk pengawalan dari Pangkalpinang ke Bangka Selatan itu ada formasi khusus dari Polda Babel. Pengamanan penting dilakukan supaya vaksin yang diterima ini tidak hilang, tidak dicuri dan disabotase serta bisa sampai kepada tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam penangan Covid-19 tanpa ada gangguan,” ujar dia.

Sementara itu, Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0413/Bangka, Letkol Inf Saldifa mengatakan, pihaknya di TNI siap untuk membantu pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, dan Polri untuk menjaga keamanan di gedung farmasi tempat penyimpanan vaksin untuk tenaga kesehatan di Bangka Selatan.

“Kita siap membantu Polri dalam menjaga keamanan saat vaksin tiba di kabupaten Bangka Selatan. Dan kita siap mengerahkan personel untuk menjaga tempat penyimpanan vaksin di Dinkes ini dengan berkoordinasi bersama Polri,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button