BANGKA SELATANNEWS

Tren Bencana Sudah Meningkat, Pemkab Basel Ada Niat Enggak Sih Bentuk BPBD?

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Peristiwa bencana di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus meningkat seiring dengan terjadinya fenomena alam la nina. Untuk menghadapinya, sejumlah persiapan pun sudah dilakukan agar penanganannya agar lebih cepat, tepat dan sigap mulai dari pendanaan, regulasi hingga kelembagaan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka Belitung Mikron Antariksa mengatakan saat ini penanggulangan bencana untuk sisi kelembagaan masih dua kabupaten yang belum memiliki BPBD, yakni Kabupaten Bangka Barat dan Kabupaten Bangka Selatan.

“Kabupaten Bangka Barat kami dengar sudah ada Perda pembentukan BPBD dan tinggal pelantikan. Kalau Kabupaten Bangka Selatan belum ada sama sekali,” ujar Mikron kepada wartawan usai pembukaan Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana di Cafe Alkoe Bukit Angsa Emas Tanjung Gunung, Selasa kemarin, 8 Desember 2020.

Menurut Mikron, pihaknya sudah sering mengingatkan agar Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan segera membentuk BPBD agar penanganan bencana bisa lebih optimal.

“Kelembagaan BPBD ini penting karena jika ada bantuan penanggulangan bencana, kita koordinasinya kemana? Tidak mungkin langsung ke sekda. Harus ke BPBD,” ujar dia.

Menurut Mikron, adanya regulasi bantuan pasca bencana juga penting karena menyangkut korban jiwa atau materil tidak mungkin ditanggung semua oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengingat anggaran ABPD tidak memadai.

“Kalau sudah ada BPBD bantuan bisa disharing, misalnya bantuan materil jika ada kerusakan rumah, jika rumah yang rusak 1-100 tanggung jawab kabupaten/kota, 100-200 rumah tanggung jawab provinsi dan diatas 200 rumah tanggung jawab pemerintah pusat,” ujar dia.

Mikron menambahkan proses penanggulangan itu harus ada perda dan kelembagaan BPBD. Untuk itu pihaknya mendorong agar kelembagaan BPBD bisa dapat segera terbentuk.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button