NEWS

Peremajaan Kebun Sawit Desa Jeriji dan Nyelanding Tunggu Rekom Dirjen Perkebunan

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Suhadi mengatakan peremajaan perkebunan kelapa sawit di dua desa yang tinggal menunggu rekom teknis dari Direktoral Jendral Perkebunan.

“Untuk peremajaan kelapa sawit sampai saat ini masih dalam proses. Sudah ada dua desa yang mengusulkan dan dokumennya sudah selesai dan prosesnya tinggal menunggu rekom teknis dari Direktorat Jendral Perkebunan,” ujar Suhadi kepada wartawan, Selasa Kemarin.

Suhadi menyebutkan, dua Desa yang telah mengusulkan dan tinggal menunggu proses yakni Desa Jeriji Kecamatan Toboali dengan luas kurang lebih 73 hektar dengan 90-an orang petani. Sedangkan untuk Desa Nyelanding dengan lahan seluas 198 hektar.

“Jumlah itu sesuai dengan usulan dokumen yang kita sampaikan, dan sekarang proses verifikasi di kementerian. Dan setelah rekom ini turun mereka akan mendapatkan biaya Rp 30 juta perhektar yang digunakan untuk bibit dan tanam awal,” ujar dia.

Ia mengungkapkan, tahun ini dua desa yang telah diusulkan ini harus terealisasi, karena target peremajaan kepala sawit untuk tahun ini yakni 500 hektar. Namun jika target ini tidak tercapai maka akan diusulkan lagi untuk tahun 2021.

“Insya Allah Desember ini untuk dua desa bisa terealisasi. Mati setelah rekom teknis keluar maka akan ada penandatangan kerjasama dengan tiga pihak yaitu dari Direktorat Jendral Perkebunan melalui BPDPKS, kelompok tani dan juga pihak perbankan. Setelah itu, langsung eksekusi, dana dicairkan dari BPDPKS langsung ke rekening kelompok masing-masing,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button