BELITUNG TIMURNEWS

Lima TPS Pilkada Belitung Timur di Pulau Terpencil, Jarak Tempuh Hingga 6 Jam

Lensabangkabelitung.com, Belitung Timur – Sebanyak lima Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur berada di empat pulau yang terpencil dan harus ditempuh dengan perjalanan laut yang cukup panjang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung Timur Rizal mengatakan total ada 247 TPS pada Pilkada Belitung Timur yang tersebar di wilayah daratan dan kepulauan.

“Dari 247 TPS tersebut, lima TPS tersebar diempat pulau, yakni dua TPS di Pulau Buku Limau Kecamatan Manggar, satu TPS di Pulau Long Kecamatan Gantung, satu TPS di Pulau Ketapang Kecamatan Simpang Pesak dan ada satu TPS di Pulau Batun Kecamatan Simpang Pesak,” ujar Rizal kepada Lensabangkabelitung.com, Minggu, 6 Desember 2020.

Rizal menuturkan semua tahapan pilkada diempat pulau terpencil tersebut harus ditempuh dengan perjalanan laut dimana untuk menempuh Pulau Buku Limau harus 1,5 jam perjalanan, Pulau Long selama 2 jam dan Pulau Ketapang selama 3 jam.

“Sedangkan untuk perjalanan paling jauh yang harus ditempuh adalah ke Pulau Batun dengan 6 jam perjalanan laut,” ujar dia.

Rizal menambahkan pihaknya belum menemukan adanya kendala berarti dalam melaksanakan tahapan pilkada meski terdapat daerah kepulauan dalam wilayah kerjanya.

“Untuk logistik kemarin memang sempat telat tiba. Tapi sekarang sudah clear dan tidak ada masalah lagi,” ujar dia.

Pilkada Belitung Timur diikuti oleh dua pasangan calon, yakni calon Inkumben Burhanuddin berpasangan dengan Khairil Anwar yang diusung tiga partai politik yakni Golkar, Gerindra dan PKS. Pasangan ini akan melawan anak Yusril Ihza Mahendra, Yuri Kemal Fadlullah yang berpasangan dengan Nurdiansyah dengan dukungan dari PDIP, PBB, Nasdem, Demokrat, Hanura, PAN dan Perindo.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button