BANGKA TENGAHNEWS

Kriminalitas di Bateng Meningkat, Tahun 2020 Terjadi 164 Kasus

Lensabangkabelitung.com, Bateng – Selama tahun 2020 jumlah tindak pidana atau kriminalitas tercatat 164 kasus yang terjadi di wilayah hukum Polres Bangka Tengah. Apabila dibandingkan dengan tahun 2019 lalu yang tercatat sebanyak 132 kasus, terjadi kenaikan 32 kasus tindak pidana.

Data ini diungkapkan oleh Kapolres Bangka Tengah AKBP Slamet Ady Purnomo dalam konferensi pers akhir tahun yang berlangsung Rabu, 30 Desember 2020 di ruangan Rastra Sewakottama Mapolres Bateng.

Kapolres menyampaikan, jenis kasus kriminalitas yang terjadi di sepanjang tahun 2020 di antaranya berupa kejahatan konvensional, kekayaan negara, transnasional, dan narkotika. Ditambah, kasus bukan kriminalitas, yang tergolong hanya pelanggaran lalu lintas.

“Dari semua tindak pidana yang terjadi sepanjang 2020 ada sebanyak 164 kasus yang masuk, dengan keberhasilan untuk mengungkap ada 123 kasus dengan persentase 75 persen,” ungkap Kapolres Bateng, AKBP Slamet Ady.

Dikatakannya, jenis kejahatan konvensional tindak pidana umum seperti curat ada 46 kasus yang dapat diselesaikan 23 kasus, curanmor 18 kasus yang diselesaikan 6 kasus, penggelapan 9 kasus. “Di tahun 2020 ini juga terdapat 2 kasus pembunuhan, 1 kasus sudah diungkapkan dan yang sudah divonis yang 1 kasus masih menunggu kelengkapan pemberkasan,” imbuhnya.

Secara total, kejahatan konvensional ada sebanyak 119 kasus, yang dapat dirampungkan sebanyak 79 kasus dengan presentasi 66 persen.

Dalam kejahatan kekayaan negara seperti kasus ilegal mining dan migas ada 17 kasus terselesaikan 16 kasus, sedangkan kasus transnasional narkotika ada 28 kasus dan terselesaikan semuanya.

“Berbagai macam BB seperti sabu 71,45 sebanyak gram, inex sebanyak 0,45 gram dan ganja sebanyak 13,71 gram,” ujarnya.

Menutup acara konferensi pers, Kapolres mengucapkan terima kasih atas dukungan wartawan dan media yang selama ini sudah bersinergi dengan Kepolisian dalam rangka menjaga situasi kamtibmas di Kabupaten Bangka Tengah aman, nyaman dan kondusif.

“Kami harap sinergitas dan kerja sama Polri dengan wartawan tetap terjalin dengan baik dalam memberikan informasi kepada masyarakat secara faktual,” pungkasnya.

Saat menyampaikan konferensi pers ini, Kapolres Bangka Tengah AKBP Slamet Ady Purnomo didampingi Wakapolres Bateng Kompol M Hasbi JR, Kabag Ops Polres Bateng AKP Yudha Wicaksono, dan Pejabat Utama Polres Bateng.

Penulis: Hendri | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button