NEWS

H-1 Pilkada, Korem Garuda Jaya Siaga dan Minta Paslon Ingat Pernah Deklarasi Damai

Lensabangkabelitung.com, Bangka Tengah – Komando Resor Militer (Korem) 045 Garuda Jaya Bangka Belitung ikut membantu pengamanan menjelang satu hari pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang digelar di kabupaten Bangka Selatan, Bangka Tengah, Bangka Barat dan Belitung Timur.

Komandan Korem 045 Garuda Jaya Brigadir Jenderal TNI Mateus Jangkung Widyanto mengatakan pihaknya sudah menyiagakan pasukan di Markas Korem untuk mengantisipasi apabila terjadi hal yang tidak diinginkan saat pencoblosan pilkada berlangsung.

“Untuk pelaksanaan pilkada, kita dari Korem baik dari segi materil dan personel standby di Korem. Sedangkan untuk pasukan yang ada di Kodim sudah ikut membantu polres yang menempatannya sudah ditentukan dengan berkoordinasi dengan Kapolres dan Dandim,” ujar Jangkung kepada wartawan usai menghadiri Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Bangka Belitung di Cafe Alkoe Bukit Angsa Emas, Selasa, 8 Desember 2020.

Dari laporan intelijen, kata Jangkung, pihaknya belum menemukan adanya hal menonjol yang akan mengganggu kelancaran pilkada atau mengarah kearah hal yang tidak diinginkan.

“Tapi tentunya kita sudah siap mengantisipasi apabila hal itu terjadi. Sekarang belum ada yang menonjol untuk mengganggu kelancaran proses pilkada. Semoga pelaksanaannya tetap berjalan dengan aman dan lancar,” ujar dia.

Jangkung menambahkan pihaknya menghimbau kepada para paslon peserta pilkada untuk berkompetisi dengan baik dan mengajak para konstituen dan pemilih datang ke TPS serta menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19.

“Paslon sudah harus siap menang dan siap kalah. Bukankah pernah berkomitmen di deklarasi damai. Kalau sudah mencalonkan diri berarti siap menang dan kalah. Apabila ada hal yang tidak sesuai atau tidak pas silahkan tempuh ke jalur hukum atau ketentuan yang sudah ditetapkan,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button