NEWS

DPRD Babel Bersyukur, Kuota Beasiswa Mahasiswa di 2021 Bertambah

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersyukur kuota program beasiswa untuk mahasiswa asli Bangka Belitung yang sedang mengenyam pendidikan di luar daerah, akan bertambah di tahun depan.

“Di pembahasan RAPBD 2021, antara DPRD dengan TAPD disepakati bahwa untuk menambah jumlah kuota beasiswa bagi mahasiswa yang kuliah dalam daerah dan luar daerah,” kata Pelaksana Tugas Ketua DPRD Bangka Belitung, Amri Cahyadi di Kantor DPRD Bangka Belitung, Senin, 28 Desember 2020.

Penerimaan beasiswa 2021, jelas Amri telah menggunakan mekanisme yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, khusus untuk 2021 mendatang diberlakukan penyeleksian secara zonasi kewilayahaan tidak lagi secara seleksi secara umum.

“Itu dikarenakan standar penilain IPK di Perguruan Tinggi di masing-masing wilayah itu berbeda, ada wilayah-wilayah tertentu dengan akreditasi sama tapi IPKnya sulit dan ada juga yang mudah, sehingga kalau seleksi umum hanya di wilayah tertentu yang berpeluang mendaparkan beasiswa,” jelasnya.

Adapun jumlah kuota yang ditetapkan sebanyak 10 orang, semisalnya untuk zona Jawa Tengah mencakupi Yogyakarta, Semarang, Magelang dan kota lainnya, maka 10 kuota itu diperebutkan oleh mahasiswa yang berada di zona tersebut.

“InsyaAllah ini lebih fair, lebih adil pemeberlakuannya kepada masyarakat yang ada di zona itu,” tuturnya.

Lebih lanjut, syarat pengajuan beasiswa itupun masih sama tidak mengalami perubahan dengan tetap memperhatikan nilai IPK dan akreditasi universitas tersebut dengan rinician Akreditasi A IPK minimal 3,30, Akreditasi B IPK minimal 3,50, Akreditasi C IPK minimal 3,70.

Penulis: Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button