LENSA POLITIKNEWS

Distribusi Logistik ke TPS Pulau Terpencil, KPU Belitung Timur Sewa Kapal Nelayan

Lensabangkabelitung.com, Belitung Timur – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung Timur menyewa kapal milik nelayan untuk mendistribusikan logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang terletak di empat pulau terpencil.

Ketua KPU Belitung Timur Rizal mengatakan distribusi logistik pilkada untuk wilayah kepulauan akan mulai didistribusikan Senin Besok, 7 Desember 2020 dengan menggunakan kapal nelayan.

“Untuk kapal kita sewa sendiri dari kapal milik nelayan. Tidak gunakan armada kepolisian atau TNI. Karena memang sudah ada anggarannya. Tapi tetap pengawalan dari Polairud dan TNI,” ujar Rizal kepada Lensabangkabelitung.com, Minggu, 6 Desember 2020.

Rizal menuturkan ada lima TPS yang berada di wilayah pulau terpencil, yakni Pulau Buku Limau Kecamatan Manggar ada dua TPS, Pulau Long Kecamatan Gantung ada satu TPS, Pulau Ketapang Kecamatan Simpang Pesak ada satu TPS dan Pulau Batun Kecamatan Simpang Pesak juga satu TPS.

“Distribusi logistik ke Pulau Batun dan Pulau Ketapang sudah kita mulai besok pagi karena jaraknya cukup jauh. Sedangkan untuk logistik ke Pulau Long dan Pulau Buku Limau mulai Selasa 8 Desember 2020 karena jarak tempuhnya lebih dekat,” ujar dia.

Rizal menambahkan pihaknya juga bekerja sama dengan Badan Metrologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk mendapatkan laporan perkiraan cuaca yang update sehingga proses distribusi berjalan lancar.

“Laporan yang diberikan BMKG setiap hari disampaikan ke kita. Sehingga distribusi akan dilakukan pada waktu cuaca sedang bagus. Total ada 247 TPS yang akan didistribusikan logistik dan diterima 2223 orang petugas KPPS,” ujar dia.

Pilkada Belitung Timur diikuti oleh dua pasangan calon, yakni calon Inkumben Burhanuddin berpasangan dengan Khairil Anwar yang diusung tiga partai politik yakni Golkar, Gerindra dan PKS. Pasangan ini akan melawan anak Yusril Ihza Mahendra, Yuri Kemal Fadlullah yang berpasangan dengan Nurdiansyah dengan dukungan dari PDIP, PBB, Nasdem, Demokrat, Hanura, PAN dan Perindo.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button