BANGKA TENGAHLENSA DAERAHLENSA EKONOMINEWS

Tinggalkan Sawit Beralih ke Nanas, Petani Sarang Mandi Ini Raup Rp 30 Juta Per Bulan

Lensabangkabelitung.com, Sungai Selan– Keputusan meninggalkan perkebunan sawit dan memilih menanam nanas membuat Sanal, warga Desa Sarang Mandi Kecamatan Sungai Selan Kabupaten Bangka Tengah mampu meningkatkan kesejahteraannya.

Kepada Lensabangkabelitung, Sanal mengatakan pilihannya menekuni budidaya tanaman nanas sudah berjalan selama tiga tahun. Bersama beberapa rekannya sesama petani, Sanal awalnya memanfaatkan lahan seadanya untuk menanam nanas.

“Sebelumnya kita menanam sawit. Namun melihat nanas menjadi salah satu komoditas banyak diminati pangsa pasar luar, saya mencoba memberdayakan petani di Desa Sarangmandi dengan menanam nanas,” ujar Sanal, Kamis, 12 November 2020.

Menurut Sanal, dia dan kelompok petani nanas kemudian berkomitmen memanfaatkan lahan dan potensi sumber daya alam di Desa Sarang Mandi.

“Kualitas nanas yang di Kabupaten Bangka Tengah sangat baik dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Bahkan kualitas nanas Bangka Tengah sangat layak untuk diekspor keluar negeri,” ujar dia.

Sanal menuturkan nanas yang mereka produksi saat ini sudah mampu menembus pasar di Jakarta setelah dibeli oleh tengkulak dan distributor nanas dari Pulau Jawa.

“Alhamdulillah setelah saya beralih ke budi daya nanas, ekonomi saya tercukupi dari omset yang saya peroleh dari hasil budidaya nanas ini. Setiap bulan saya bisa mendapatkan keuntungan Rp 20 juta sampai Rp 30 juta per bulannya,” ujar dia.

Sanal menambahkan pihaknya tetap berharap mendapat perhatian dari pemerintah desa maupun pemerintah kabupaten dalam hal bantuan penyediaan pupuk dan alat produksi agar budidaya nanas bisa terus berkembang.

“Ada potensi yang besar dari budidaya nanas ini. Saya dan rekan-rekan petani di Sarang Mandi sudah membuktikannya. Namun kita yakin peluang budidaya nanas ini akan semakin terus berkembang jika ada perhatian dari pemerintah untuk membantu menyediakan pupuk dan alat penunjang produksi hasil panen,” ujar dia.

Penulis : Hendry | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button