BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA EKONOMILENSA KESEHATANNEWS

Sosialisasi Prokes di Basel, Kapolda Minta Perda Diselesaikan Agar Ada Sanksi

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat bersama Danrem 045/Garuda Jaya Brigjen TNI M. Jangkung melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bangka Selatan dalam rangka mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Kedatangan Anang bersama Danrem dengan menggunakan Halikopter disambut langsung oleh Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer dan Kapolres Basel, AKBP Agus Siswanto beserta personel TNI/Polri di halaman kantor Bupati Bangka Selatan.

“Kami minta kepada aparatur dibawah, mulai dari OPD, Camat, Danramil maupun Kapolsek demikian juga kepada kepala desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk membantu kami menyampaikan masalah penerapan protokol kesehatan kepada seluruh masyarakat paling bawah,” ujar Anang kepada wartawan, Rabu, 18 November 2020.

Ia menuturkan, penerapan protokol kesehatan Covid-19 tidak boleh kendor, karena dalam ini peningkatan pasien Covid-19 di Bangka Belitung meningkat. Walaupun di Bangka Selatan tidak namun tetap tidak boleh lengah agar tidak terjadi peningkatan.

“Saya mengajak kepada seluruh aparatur, para perangkat, tokoh masyarakat untuk bersama-sama saling mengingatkan masyarakat, menjaga diri dan keluarga,” ujar dia.

Anang mengungkapkan operasi yustisi saat ini masih berlandaskan pada peraturan gubernur belum sampai kepada peraturan daerah (Perda). Saat ini Perda sedang digodok oleh pemerintah daerah dan DPRD Bangka Belitung. Kalau sudah menjadi peraturan daerah maka ancaman pada para pelaggar protokol kesehaan akan lebih keras lagi karena bisa dilakukan denda maupun penahanan badan.

“Sekarang ini baru peraturan gubernur dan peraturan bupati yang sifatnya hanya sebagai himbauan dan hukuman yang bersifat administratif dan fisik. Memang peraturan ini belum kuat, sehingga kita upayakan dan mengingatkan terus kepada Gubernur dan DPRD untuk segera direalisasikan dan diterapkan di Bangka Belitung,” ujar dia.

Lebih lanjut, Anang mengatakan untuk penerapan protokol kesehatan Covid-19, pada pelaksanaan pilkada di empat kabupaten yang ada di Bangka Belitung sudah berjalan dengan baik dan tidak ada pelanggaran protokol kesehatan.

“Menjelang pemilihan ini kita terus awasi pelaksanaan kampanye khususnya masalah penerapan protokol kesehatan. Alhamdulillah semua para paslon bisa melaksanakan protokol kesehatan ini dengan baik sesuai dengan PKPU,” ujar dia

Sementara itu, Danrem 045/Garuda Jaya, M.Jangkung mengatakan, TNI tetap membantu Polri yang tergabung di dalam satgas Covid-19 untuk tetap melaksanakan bagaimana penegakan protokol kesehatan tersebut.

“Babinsa tetap bersama Bhabinkamtibmas terus melakukan sosialisasi dan mengingatkan kepada masyarakat sampai tingkat paling bawah supaya tidak lengah dan selalu bersama-sama dalam penegakan protokol kesehatan,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button