BANGKA BARATLENSA POLITIKNEWS

Pengurus RT/RW Berkampanye di Pilkada, Bawaslu Babar: Tidak Ada Aturan yang Mengatur

Lensabangkabelitung.com, Muntok – Komisioner Bawaslu Bangka Barat, Annas Asmara mengatakan belum ada aturan yang melarang pengurus RT dan RW untuk berpartisipasi dalam kampanye Pilkada Bangka Barat tahun 2020. Sebab, pengurus RT dan RW tidak masuk ke dalam perangkat desa dan kelurahan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri).

“Perangkat Desa dan Kelurahan tidak sampai ke RT dan RW, dia hanya sampai dengan Kadus dan Kaling, posisi RT/RW sesuai dengan Permendagri itu sama dengan LPM sebagai kelembagaan desa, di luar dari perangkat,” kata Annas Asmara, Selasa, 17 November 2020.

Dijelaskannya, tidak ada aturan yang mengatur bahwa pengurus RT/RW tidak boleh berkampanye. “Kemudian di SE Bupati juga tidak ada aturan larangan kampanye tentang itu, boleh-boleh saja, beda BPD, di undang-undang 10 tidak diatur tapi di SE Bupati diatur agar menjaga netralitas,” tambahnya.

Annas juga mengungkapkan sudah ada beberapa kampanye yang dilakukan di rumah para pengurus RT/RW selama tahapan Pilkada Bangka Barat tahun 2020 ini, serta menegaskan apa pun hal yang diatur dan tidak diatur harus tetap ditegakan.

“Ketika ini boleh, ya silakan,” demikian Annas Asmara.

Penulis: Sepri | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button