BELITUNGNEWS

Dua Kali Alami Henti Jantung, Pasien Positif Covid-19 di Belitung Meninggal Dunia

Lensabangkabelitung.com, Belitung – Satu orang pasien positif Covid-19 di Kabupaten belitung meninggal dunia hari Minggu, 8 November 2020. Pasien dengan jenis kelamin laki-laki berusia 53 tahun ini meninggal setelah dilakukan perawatan intensif selama sembilan hari di Rumah Sakit Umum (RSUD) dr Marsidi Judono.

Dijelaskan Bupati Belitung Sahani Saleh dalam press release, Senin, 9 November 2020, pasien positif Covid-19 meninggal pertama kali mendapatkan perawatan pada tanggal 31 Oktober kemarin. Dalam masa perawatan diketahui pasien memiliki riwayat penyakit penyerta.

“Pasien dengan penyakit komorbid kencing manis dan gagal nafas akut akibat Covid-19. Pasien dengan nomor 1623 tersebut menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul 09.35 WIB,” terang Sahani, Senin, 9 November 2020.

Sahani menjelaskan kondisi pasien memburuk pada saat perawatan hari ketiga karena adanya kerusakan paru diakibatkan Covid-19 sehingga harus dilakukan tindakan medis berupa pemasangan bantuan selang nafas serta pemasangan alat ventilator mekanik.

Lanjutnya, bahkan pasien Covid-19 meninggal tersebut sebelumnya sudah dua kali mengalami henti jantung. “Pada hari kedelapan masih bisa dilakukan pertolongan medis namun pada hari kesembilan pasien 1623 tidak merespon sampai akhirnya pasien 1623 dinyatakan meninggal dunia,” terang Sanem sapaan akrab Sahani.

Terhadap jenazah Pasien 1623 tersebut dilakukan pemulasaran jenazah dan pemakaman sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19 yang berlaku.

“Pasien 1623 ini adalah pasien ketiga yang meninggal dunia dikarenakan Covid-19 di Kabupaten Belitung,” jelas Sanem.

Sampai saat ini diketahui total pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Belitung sebanyak 68 orang. Terdapat 3 orang Pasien Covid-19 yang masih dirawat di RSUD dr. H. Marsidi Judono Kabupaten Belitung dan 5 orang di SKB Tanjungpandan serta 3 orang dinyatakan meninggal dunia dan 57 orang dinyatakan sembuh.

Penulis: Rizky Sadewa | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button