BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA POLITIKNEWS

Deklarasi Piagam Pilkada Bangka Selatan, LO dan Paslon Harus Siap Kalah

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Menjelang pemilihan kepada daerah upati dan Wakil Bupati Bangka Selatan pada 9 Desember mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bangka Selatan melaksanakan deklarasi Piagam Pilkada tahun 2020 bagi Liaison Officer (LO) paslon Pilkada Bangka Selatan, Sabtu Malam, 14 November 2020 di Sekretariat Bawaslu.

Deklarasi Piagam Pilkada tahun 2020 diucapkan bersama seluruh LO Paslon yang disaksikan Wakapolres Basel, Kompol Sarwo Edy, Komisioner KPU, Hery, Kepala Kesbangpol, Doni, Ketua dan Komisioner Bawaslu, Ka BIN Basel, Unsur Satpol PP dan media. 

Ketua Bawaslu Bangka Selatan, Sahirin menyebutkan terdapat lima butir kesepakatan dalam Piagam Pilkada Bangka Selatan yakni para paslon siap menyukseskan Pilkada tahun 2020, siap menjaga ketertiban, kedamaian dan kesejukan, siap meningkatkan partisipasi pemilih, siap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, serta para paslon siap menang dan siap kalah.

“Semua LO menyepakati Piagam Pilkada tahun 2020, mudah-mudahan pilkada berjalan lancar, aman dan damai, partisipasi diharapkan meningkat, prokes covid-19 harus dijalankan,” ujar Sahirin.

Dalam kegiatan tersebut, kata Sahirin pihaknya mendengar semua evaluasi tahapan Pilkada Bangka Selatan yang sedang berlangsung.

“Ada masukan untuk KPU terkait Debat Kandidat, banyak saran termasuk dari Bawaslu serta seluruh LO agar debat kedua dapat diperpanjang waktu penyampaian Visi dan Misi,” ujar dia. 

Sementara itu, Komisioner KPU Basel Hery mengatakan KPU akan mengakomodir saran dan masukan Bawaslu dan LO agar dapat memperpanjang waktu pada Debat Kandidat tahap II. 

“Debat Kandidat kedua ini nanti kita akan mengurangi sekmen, dari sebelumnya 7 sekmen menjadi 4 sekmen sehingga dapat menambah waktu pemaparan oleh masing-masing paslon,” ujar dia. 

Kemudian, Wakapolres Basel Kompol Sarwo Edy menegaskan pihak kepolisian siap mengamankan Pilkada Basel agar berjalan dengan kondusif.

“Kami mengajak seluruh masyarakat dan seluruh stake holder agar dapat bersama-sama mengawal Pilkada Basel berjalan dengan aman dan damai. Mari kita wujudkan Pilkada Basel kondusif,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button