NEWS

Begini Laporan Kapolda Kepada Lemhannas Terkait Kondisi Babel Terkini

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Bangka Belitung Inspektur Jenderal Anang Syarif Hidayat memberikan laporan kepada Lemhannas RI terkait kondisi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) pada masa pandemi Covid-19 dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Dalam kegiatan evaluasi hasil pendidikan Lemhanas RI di Wilayah Polda Bangka Belitung, Anang mengatakan situasi kamtibmas saat ini naik turun dimana pada awal pandemi Covid-19 terjadi penurunan drastis karena program di rumah saja.

“Namun seiring dengan dilaksanakan program tersebut, telah terjadi peningkatan kejahatan,” ujar Anang dalam siaran pers Polda Bangka Belitung yang diterima wartawan, Selasa, 3 November 2020.

Anang menuturkan Polri bersama dengan TNI telah melakukan langkah-langkah khusus di era pandemi, yakni melakukan edukasi dan bimbingan kepada masyarakat. Untuk penanganan covid 19, kata Anang, pihaknya langsung terjun ke lapangan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

“Kita juga melaksanakan bakti sosial, sasaran sumbangan untuk yang kena PHK yang dirumahkan dan bagi masyarakat level bawah. Bakti sosial ini kita kemas dalam bentuk sembako. Termasuk juga melaksanakan operasi yustisi yang merupakan gabungan TNI Polri dan gugus tugas yang saat ini masih berjalan,” ujar dia.

Menurut Anang, untuk pelaksanaan tahapan pilkada Bupati dan Wakil Bupati yang digelar di Kabupaten Bangka Selatan, Bangka Tengah, Bangka Barat dan Kabupaten Belitung Timur sampai saat ini belum ditemukan ada pelanggaran pemilu.

“Namun ada beberapa kasus menonjol yang sering terjadi soal pertanahan dimana banyak sekali surat double dan dalam proses persidangan. Di sektor pertambangan kita menertibkan hampir 400 ponton isap produksi yang status ilegal. Dan untuk aksi unjuk rasa, banyak mahasiswa yang terprovokasi dari pihak luar,” ujar dia.

Meski dengan kondisi tersebut, kata Anang, pihaknya masih bisa mengatasi karena kondisi di Bangka Belitung tidak seperti di ibukota. Perubahan tipe Polda dari tipe B menjadi tipe A, kata Anang, memang membuat Polda Bangka Belitung menjadi kekurangan personil.

Kegiatan evaluasi hasil pendidikan Lemhanas RI di Polda Bangka Belitung dihadiri oleh Kapolda Irjen Anang Syarif Hidayat, Tenaga Ahli Pengajar Bidang Geografi Lemhannas RI Mayjen TNI Hayunadi, Danrem 045/Gaya Brigjen TNI M Jangkung Widyanto, Wakapolda Bangka Belitung Brigjen Umardani, Wakil Ketua Tim Lemhannas RI Brigjen TNI Abdurrahman dan pejabat utama serta personel Polda Bangka Belitung yang terlibat sebagai Responden Lemhannas RI.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button