BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA EKONOMINEWS

Baru Tiga Hari, Realisasi Pemutihan PKB di Basel Capai Rp 157 Juta

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Gubernur Kepulauan Bangka Belitung telah mengeluarkan peraturan terkait pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sebagai upaya untuk membangkitkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Kepala UPT Badan Keuangan Daerah Provinsi Bangka Belitung Wilayah Bangka Selatan, Benny Helmi mengatakan pemutihan ini mengacu pada Peraturan Gubernur Nomor 66 tahun 2020 tentang Pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor dan Pajak Kendaraan Bermotor.

“Pemutihan ini merupakan kebijakan pemberian keringanan pajak kendaraan bermotor untuk masyarakat Bangka Belitung. Periode pemutihan ini dimulai sejak 1 November 2020 sampai 31 Januari 2021,” ujar Benny Kamis 5 November 2020.

Benny menuturkan, untuk di UPT Bakeuda Kabupaten Bangka Selatan, layanan pemutihan pajak kendaraan bermotor telah mulai dibuka sejak Senin kemarin hingga kini masih berlangsung.

“Sejak dimulai Senin kemarin sampai dengan hari Rabu realisasi dari pemutihan pajak kendaraan bermotor telah mencapai Rp 157.722.700,-. Nilai ini akan terus berubah seiring adanya wajib pajak yang memanfaatkan pemutihan ini,” ujar dia.

Ia mengungkapkan, pemutihan ini memberikan kemudahan dan keringanan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19, seperti misalnya pembebasan Pokok PKB yang menunggak lebih dari 1 tahun, pembebasan sanksi administratif dan pembebasan BBNKB kedua dan seterusnya.

“Karena Kondisi seperti saat ini maka gubernur mengambil kebijakan dengan memberikan keringanan melalui penghapusan denda untuk pokok pajak kendaraan bermotor dan menghapus biaya BBNKB. Jadi biayanya Rp 0,- namun wajib pajak tetap diharuskan membayar PNBP seperti biaya BPKB, STNK dan Plat Nomor,” ujar dia.

Ia menambahkan, pembayaran pemutihan, dapat dilakukan di setiap Kantor Samsat atau UPT Bakuda di setiap kabupaten/kota, Samsat Corner, Samsat Keliling, Samsat Online Nasional dan Samsat Setempoh.

Penulis : Rusdi Editor Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button