LENSA EKONOMINEWS

23 Perusahaan di Babel Abaikan BPJS Ketenagakerjaan, Karyawannya Batal Dapat Kompensasi Rp 600 Ribu

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Dari 1600 perusahaan, sedikitnya 23 perusahaan berskala besar di Bangka Belitung tidak menerima bantuan hak tambahan bagi pekerja atau buruh dari Kementerian Ketenagakerjaan Pemerintah Pusat akibat urung membayar BPJS Ketenagakerjaan.

Sebab, setiap pekerja atau buruh yang bekerja di perusahaan yang menerima gaji di bawah Rp 5juta perbulan akan mendapatkan hak tambahan bagi pekerja dari Kemnaker RI senilai Rp 600 ribu per bulan. Kebijakan ini dikeluarkan untuk mengantisipasi PHK akibat Covid-19 dan berlaku di seluruh Indonesia, termasuk Bangka Belitung.

“Ya, memang yang kita temui bahwa ada perusahaan ternyata BPJS Ketenagakerjaannya tidak didaftarkan atau tidak dimasukkan ke BPJS, hasil temuan dari badan pengawas juga,”Kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Bangka Belitung, Harrie Patriadi saat ditemui Lensabangkabelitung.com, di Bangka City Hotel Pangkalpinang. Rabu, 18 November 2020.

Selain belum didaftarkan, sambung Harrie terdapat perusahaan menunggak membayar BPJS, sehingga hak tambahan senilai Rp 600 ribu dari pemerintan pusat bagi pekerja terhambat.

“Masih ada perusahaan yang menunggak membayar BPJS sehingga pekerjanya terhambat, karena ada istilahnya ada tahapan artinya setelah dibina mereka baru sadar, disesali oleh pekerja dan perusahaan yang baru tahu,” ungkapnya.

Harrie menjelaskan penunggakan tersebut sepenuh dampak dari pandemi Covid-19, namun bukan berarti pekerja tersebut tidak menerima hak tambahan itu selagi perusahaan yang dimaksud tetap membayar tunggakan.

“Karena kalau penerimaan harus ada persyaratan membayar BPJS, sementara beberapa perusahaan menunggak dari 5 hingga 6 bulan, sehingga bulan Juni mereka (perusahaan) mengutang jadi pekerja belum dapat, sayang kalau tidak diingetin pembayaran, sayang tidak mendapat hak tambahan,” tambahnya.

Penulis: Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button