BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA EKONOMINEWS

BST Tahap Tujuh di Bangka Selatan Mulai Disalurkan

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Kantor Pos Cabang Toboali Kabupaten Bangka Selatan sejak Senin kemarin 19 Oktober 2020 mulai menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) kepada keluarga penerima manfaat (KPM) yang ada di Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan.

Kepala Kantor Pos Cabang Toboali Sopian mengatakan bantuan sosial tunai yang disalurkan kepada keluarga penerima manfaat yang ada di Kecamatan Toboali merupakan bantuan sosial tunai tahap ke tujuh.

“Penyaluran BST tahap tujuh ini sudah mulai disalurkan pada Senin kemarin, dan akan kita salurkan sampai selesai. Dan untuk jumlah penerima BST ini sebanyak 433 keluarga penerima manfaat yang ada di Kecamatan Toboali,” ujar Sopian kepada wartawan, Rabu 21 Oktober 2020.

Sopian menuturkan, keluarga penerima manfaat yang menerima BST tersebar di delapan desa dan 3 kelurahan yaitu Bikang 7 orang, Rindik 2 orang, Kepoh 5 orang, Jeriji 17 orang, Gadung 30 orang, Keposang 52 orang, Tanjung Ketapang 46 orang, Serdang 23 orang, Teladan 56 orang, Rias 86 orang, dan Toboali 109 orang.

“Nominal bantuan sosial tunai tahap tujuh ini sebesar Rp 300 ribu sama dengan tahap sebelumnya. Dan untuk bantuan selanjutnya lita belum mendapat informasi, namun kita berharap bantuan ini dapat terus ada sehingga dapat membantu masyarakat yang membutuhkan ditengah pandemi saat ini,” ujar dia.

Ia menuturkan, penyaluran bantuan sosial tunai dilakukan dengan tiga cara yaiti diantar langsung ke rumah keluarga penerima manfaat, melalui komunitas, dan juga diambil langsung ke kantor pos cabang Toboali.

“Pengambilan BST ini tidak boleh diwakilkan, harus yang bersangkutan dengan membawa KK dan KTP kecuali anak yang bersangkutan yang dalam satu KK itu boleh. Dan ada tujuh orang yang diantar kerumah seperti disabilitas yang tidak bisa datang ke kantor pos,” ujar dia.

Ia menghimbau kepada masyarakat yang terdata sebagai keluarga penerima manfaat dapat mengambil di kantor pos dengan membawa KTP dan KK. 

Ketua DPRD Bangka Selatan, Erwin Asmadi yang ikut memantau penyaluran BST mengatakan berdasarkan data-data yang telah disampaikan oleh Kepala kantor pos Cabang Toboali, untuk BST tahap tujuh hampir semua sudah tersalurkan kepada masyarakat yang menerima bantuan.

“Saya berharap masyarakat yang menerima bantuan ini bisa menggunakan untuk kebutuhan sehari-hari meskipun nominalnya tidak begitu besar, namun jika dibelikan beras Insyaallah cukup untuk satu bulan. Saya berharap program ini akan terus berjalan apalagi dimasa pandemi seperti saat ini,” ujar dia.

Selain memantau penyaluran BST, politisi partai PDI Perjuangan ini juga memantau penyaluran bantuan modal kepala para pelaku usaha mikro di rumah BUMN Bangka Selatan.

“Sengaja datang pada hari ini karena melihat kerumunan masyarakat yang ramai di depan Rumah BUMN Bangka Selatan. Saya melihat penyaluran bantuan langsung kepada calon yang menerima bantuan usaha mikro dengan total bantuan perorang atau pemilik usaha sebesar Rp 2.400.000 tanpa ada potongan apapun,” ujar Erwin.

Erwin berharap, kepada penerima bantuan modal usaha yang diberikan oleh pemerintah melalui BUMN ini untuk betul-betul digunakan untuk modal usaha, jangan sampai tidak sesaui dengan peruntukan.

“Bantuan modal usaha ini jangan digunakan untuk yang lain seperti ganti handphone baru, renovasi rumah, walaupun jumlahnya tidak terlalu besar, namun saya rasa dengan kondisi ekonomi dimasa pandemi ini tentu bantuan modal usaha ini sangat membantu, agar usahanya tetap bertahan,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button