BANGKA BARATLENSA POLITIKNEWS

Berkampanye untuk Markus-Badri, Wakil Ketua MUI Babar Nonaktif Sementara

Lensabangkabelitung.com, Muntok – Untuk bisa menjadi salah satu juru kampanye di Pilkada Serentak 2020, Wakil Ketua MUI Bangka Barat Mukhlisin telah mengajukan surat nonaktif sementara waktu. Mukhlisin yang menjadi juru kampanye pasangan Markus – Badri, itu nonaktif di MUI hingga tiba hari pemungutan suara pada 9 Desember 2020 mendatang.

Pengajuan surat nonaktif sementara waktu itu dikatakan oleh Mukhlisin agar tidak terjadi konflik kepentingan yang disebabkan oleh dirinya yang merupakan wakil ketua dari sebuah lembaga keagamaan yang Independen namun menjadi seorang juru kampanye di salah satu pasangan calon yang bertarung di Pilkada Bangka Barat tahun 2020.

“Saya Juru Kampanye Pak, saya Wakil Ketua MUI Babar, jadi saya mulai 1 Oktober kemarin (untuk) sampai dengan o Desember (mendatang) sudah mengajukan surat nonaktif. Tidak ada istilah cuti Pak, tapi jangan sampai ada conflict of interest kan, sementara nonaktif, jadi itu sudah kita sampaikan kepada Pak Ketua,” kata Mukhlisin, Kamis, 15 Oktober 2020.

Dia menegaskan, pilihan nonaktif merupakan hak anggota yang diajukan kepada Ketua MUI Bangka Barat. Sehingga tak perlu menunggu tanggapan dari ketua.

Mukhlis menjelaskan, bahwa MUI itu merupakan sebuah lembaga independen yang tidak berafiliasi dengan partai politik mana pun. Bahkan, kata Mukhlisin anggaran dasar MUI sudah mengatur kalau ada anggotanya yang mau berpolitik.

“Kalau Ketua Umum itu tidak boleh, tapi kalau wakil itu dalam anggaran dasar gak apa-apa. Tapi kalau kasus saya, saya cukup memahami, menjaga independensi MUI dan lembaga, dan itu tadi, jangan sampai ada conflict of interest,” ujar Mukhlisin.

Penulis: Sepri | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button