BANGKA TENGAHLENSA DAERAHLENSA KRIMINALNEWS

Tambang Timah Ilegal di Koba Kembali Beroperasi, Lurah Minta Ada Tindakan Hukum

Lensabangkabelitung.com, Koba– Aktivitas penambangan timah ilegal di kawasan Pungguk, Kenari dan Merbuk di Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah kembali beroperasi. Meski sudah pernah dilakukan penegakan hukum, namun aktivitas ilegal tersebut masih saja nekad beroperasi.

Lurah Berok Hartono mengatakan aparatur di tingkat kelurahan dan masyarakat sudah menyampaikan penolakannya terkait aktivitas tambang timah ilegal tersebut.

“Kita sudah lelah mendengar dan melihat aktifitas tambang tersebut. Sedangkan sampai pada saat ini masih saja ada yang beraktifitas melakukan penambangan,” ujar Hartono kepada wartawan, Rabu, 2 September 2020.

Hartono menuturkan seharusnya sudah perlu ada penindakan mengingat sebelumnya pihak kepolisian juga sudah memproses hukum penambang yang kedapatan menambang di lokasi tersebut.

“Bulan Juli lalu ada penambang yang ditangkap dan dijadikan tersangka karena membuka tambang di kolong Pungguk. Sekarang saat kasus itu masih berjalan, kenapa masih ada aktivitas tambang yang berjalan di tempat yang sama,” ujar dia.

Salah satu warga Berok mengatakan ke wartawan bahwa hampir semua RT menolak aktivitas tambang timah tersebut. Bahkan pihak kelurahan Berok, kata dia, sudah menegaskan jangan ada lagi penambangan di lokasi tersebut.

“Kawasan itu juga sebelumnya sudah pernah dipasang spanduk larangan menambang. Namun hal itu tampaknya tidak diindahkan,” ujar dia.

Kapolsek Koba Ajun Komisaris Deddy Nuary mengatakan pihaknya akan melakukan pengecekan dan jika benar ditemukan adanya aktivitas penambangan ilegal, pihaknya akan memberi himbauan kepada para penambang.

“Nanti kita cek dulu dan akan kita berikan himbauan jika memang aktivitas mereka meresahkan,” ujar dia.

Penulis : Hendry | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button