LENSA KRIMINALNEWS

Manfaatkan Pandemi Covid-19, Peredaran 288 Ribu Rokok Ilegal Digagalkan Bea Cukai

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Pangkalpinang kembali berhasil menggagalkan peredaran rokok ilegal di wilayah Pulau Bangka. Kali ini, sebanyak 288 ribu batang rokok berhasil diamankan dari tersangka berinisial S.

Kepala KPPBC Pangkalpinang Yetty Yulianti mengatakan pengamanan rokok ilegal tersebut dilakukan di lokasi Lestari Express Jalan Baru Nomor 1 Seradang, Baturusa, Bangka.

“Rokok ilegal tersebut tidak dilekati pita cukai (polos) dengan merek SMD merah dan L4 Bold. Total barang hasil penindakan sebanyak 288 ribu batang rokok,” ujar Yetty dalam kegiatan Media Gathering Bea Cukai, Kamis, 24 September 2020.

Yetty menuturkan nilai rokok ilegal yang diamankan dari tersangka S tersebut senilai Rp 293 juta dengan potensi kerugian negara lebih dari Rp 131 juta.

“Pelaku memanfaatkan celah dalam situasi pandemi Covid-19 untuk melancarkan aksinya. Hasil informasi dari intelijen dan masyarakat, kita berhasil menggagalkan peredaran rokok ilegal tersebut. Pandemi bukan menjadi alasan untuk lengah dalam mengamankan hak-hak negara,” ujar dia.

Yetty menambahkan kasus tersebut merupakan kinerja Bea Cukai dalam menjalankan fungsi pengawasan terhadap barang kena cukai ilegal. Bea cukai, kata dia, senantiasa selalu siap dalam menjaga Pulau Bangka yang merupakan daerah rawan jalur lalu lintas perdagangan barang ilegal.

“Cukai ini dikenakan terhadap barang dengan karakteristik konsumsinya perlu dikendalikan, peredarannya perlu diawasi, pemakaiannya menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat atau lingkungan hidup dan pemakaiannya perlu pembebanan pungutan negara demi keadilan dan keseimbangan,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button