NEWS

HS Positif Covid-19, Satgas Bangka Tetapkan Pendatang Itu Karantina Mandiri

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Kabupaten Bangka kembali bertambah satu orang terkonfirmasi Covid-19 dengan inisial HS, umur 58 tahun, berjenis kelamin laki-laki. HS ini diketahui bertamu di Kelurahan Matras.

“Riwayat pelaku perjalanan dari Jakarta ke Bangka, riwayat kategori kontak erat, status transmisi imported case dari Jakarta,” ungkap Boy Yandra Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra, Minggu, 13 September 2020.

Dijelaskannya, HS diketahui terkonfirmasi positif Covid-19 saat akan kembali pulang ke Jakarta. Dia melakukan rapid test di rumah sakit, ternyata reaktif, dan besoknya diperiksa swab dan hasilnya positif.

“Upaya yang dilakukan adalah HS langsung dikarantina mandiri,” jelas Boy.

Namun Boy tidak menjelaskan alasan kenapa HS dikarantina mandiri, dengan tidak dilakukan karantina ke balai karantina yang telah disediakan.

Sementara itu, atas adanya kasus baru ini, menurut Boy Yandra, Puskesmas Sinarbaru telah melakukan tracking kepada yang pernah kontak dengan HS, serta melakukan swab.

“Masyarakat yang pernah kontak dengan HS mohon melaporkan diri ke Puskesmas Sinarbaru, untuk diperiksa apakah di-rapid atau di-swab, tergantung daripada kontak primer atau kontak sekunder,”ujarnya.

Sampai hari ini, jumlah di Kabupaten Bangka kasus pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 81 orang, dan yang dinyatakan sembuh sebanyak 74 orang. Dengan demikian masih ada 7 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Penulis: Vera | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button