BANGKANEWS

BREAKING NEWS: Tim SAR Temukan Hermansyah, Pendaki yang Dilaporkan Hilang di Maras

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kerja keras tim SAR Gabungan untuk mencari Hermansyah sejak kemarin, membuahkan hasil. Pendaki yang dilaporkan hilang sejak kemarin itu, ditemukan Senin pagi, 7 September 2020, pukul 6.56 WIB.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkalpinang selaku SAR Mission Coordinator, M Fazzli mengatakan Hermansyah ditemukan selamat, sekitar 25 kilometer dari lokasi yang pertama dilaporkan.

Hermansyah mendaki Bukit Maras lewat jalur pendakian Desa Dalil, untuk melihat air terjun di atas bukit tersebut. Dia mendaki pada Sabtu siang, 5 September 2020, bersama tiga rekannya, Sarefi, Satria, dan Rusban.

Kepada tim SAR, Hermansyah mengatakan, siang itu mereka mendaki setelah Sholat Zuhur. Setelah mendaki, tidak lama sampai di air terjun pertama, korban ketinggalan oleh rekan-rekannya dan salah mengambil jalur, hingga tersesat jauh dari tempat tujuan.

Karena ditunggu tak kunjung tiba, oleh tiga rekannya, Hermansyah kemudian dinyatakan hilang. Sehingga mereka melaporkan kepada aparat desa dan diteruskan ke Kantor SAR Pangkalpinang.

Senin pukul enam pagi, Tim SAR Gabungan memulai pencarian dengan Tim pertama, melakukan Confinement Mode atau teknik pencarian secara cepat yang diduga korban berada, berdasarkan informasi dari teman korban yang melakukan pendakian bersama.

Kemudian tim kedua, melakukan pencarian dengan teknik Detection Mode yaitu pencarian penyapuan secara pararel berdasarkan tanda atau ceceran barang.

“Tidak lama pencarian yang dilakukan korban akhirnya ditemukan oleh tim 3 di jalur setapak menuju puncak bukit lain pada ketinggian 400 mdpl dimana korban sedang berusaha untuk mencari jalan menuruni Gunung Maras menuju ke perkampungan terdekat,” tutur Fazzli dalam keterangannya kepada wartawan, Senin, 7 September 2020.

Dengan telah ditemukannya korban tersebut, Operasi SAR terhadap Hermansyah ditutup dan para tim yang tergabung di Tim SAR Gabungan dikembalikan ke satuannya masing-masing.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkalpinang selaku SAR Mission Cordinator mengucapkan terima kasih atas bantuan para potensi SAR yang ikut dalam Operasi SAR ini.

Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button