BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA POLITIKNEWS

Bawaslu Ingatkan Peserta Pilkada Bangka Selatan Tidak Curi Start Kampanye

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan mengingatkan kepada bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selwtan untuk tidak mencuri start kampanye pada Pilkada 2020.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan Sahirin mengatakan sebelum jadwal kampanye diterbitkan, pasangan calon dilarang melakukan kampanye dalam bentuk apapun.

“Pasangan calon kami mohon untuk tidak buru-buru melakukan  start kampanye sebelum ada jadwal yang ditetapkan oleh KPU Bangka Selatan. Biasanya jadwal tahapan kampanye dikeluarkan tiga hari setelah pengundian nomor urut pasangan calon,” ujar Sahirin kepada wartawan, Selasa kemarin.

Sahirin menuturkan untuk mengantisipasi terkait dengan adanya pelanggaran terkait dengan kampanye, hari ini pihaknya akan mengirimkan surat himbauan kepada masing-masing pasangan calon untuk tidak melakukan kampanye lebih awal sebelum ada jadwal dari KPU.

“Kami juga menhimbau lewat media dan kami juga telah menyampaikan kepada masing-masih LO terkait dengan kampanye. Kami akan melakukan patroli selama belum adanya jadwal yang ditetapkan oleh KPU. Jika ada yang melanggar maka sanksi pidana pemilu menanti,” ujar dia.

Ia menambahkan, bagi para pasangan calon yang sidah terlanjur memasang alat peraga kampanye untuk segera diturunkan sampai SK tahapan kampanye dari KPU keluar.

“Kami menghimbau agar pasangan calon untuk menurunkan apa yang sudah dipasang dan kalaupun tidak kami akan koordinasikan dengan Satpol PP dan akan kami lakukan penertiban. Karena dijalan Sudirman, APK hanya boleh dipasang di posko ataupun sekretariat pemenangan,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button