NEWS

Proyek Venue Stadion di Babar Bergantung Pada DABA Pemprov Babel, Berharap Dikucurkan Hingga 70 Miliar

Lensabangkabelitung.com, Muntok – Terkait proyek pembangunan sport center khususnya venue stadion yang berlokasi di Kecamatan Muntok, PLT Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan (DPKPP) Bangka Barat Helwanda mengatakan anggarannya bersumber dari Dana Bantuan (DABA) Pemerintah Provinsi Bangka Belitung.

Hanya saja, kata Helwanda, gara-gara pandemi Covid-19 DABA untuk pembangunan venue stadion tersebut sementara ini dikurangi menjadi sepuluh miliar yang awal rencananya sebesar dua puluh miliar rupiah.

“Cuma pekerjaan ini kan harus diselesaikan, kita juga koordinasi ke kontraktor bagaimana penyelesaiannya, tapi semua on progres lah, kerjaan bagus, tidak ada kendala,” kata Helwanda, Rabu, 5 Agustus 2020.

Malahan, kata Helwanda sekarang ini proses pembangunan venue stadion sudah masuk ke tahapan pembuatan lintasan atletik. Ia juga menyatakan bahwa lintasan atletik ini biaya pembuatannya cukup mahal bisa sampai dengan dua belas miliar rupiah sebab harus sesuai dengan standar. Pembangunan lapangan bola dan lintasan atletik pada venue stadion ini diharapkan oleh Helwanda bisa selesai pada akhir bulan Desember 2020 nanti.

“Tapi ini baru lapangan bola sama lintasan atletik, satu venue tapi belum semua (fasilitas), belum ada tribun,” ujar Helwanda.

Untuk pembangunan venue stadion itu, Helwanda berharap ke depan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung tetap membantu pembiayaan pembangunan melalui anggaran DABA sehingga di tahun yang akan mendatang venue stadion bisa dibuatkan tribun.

“Harapan kita ke depan Pemprov tetap bantu DABA, harapan kita Bangka Barat walaupun ada covid tapi karena persiapan Porprov dapat dibantu juga, sehingga tahun depan kita bisa lanjut bangun tribun, kalau seandainya dari Pemprov dak ade kita susah, karena anggaran e lumayan besar,” sebut Helwanda.

“Kalau dari Pemprov die dak menyiapkan (bantuan) untuk venue-venue, dia cuma bantu kayak Bangka Tengah kemarin kolam renang kalau dak salah, anggarannya kan besar berapa puluh miliar, kalau kita kan minta bantuannya di Stadion, misalnya tahun nih dua puluh miliar, jadi tahun depan berharap bisa dibantu bisa sampai tujuh puluh miliar, arti e lima puluh miliar lagi, harapannya seperti itu,” tambahnya.

Sekali lagi Helwanda mengatakan, permasalahan anggaran yang saat ini diperlukan untuk pembangunan tribun stadion. Untuk tribun itu disebutkan oleh Helwanda sekurang-kurangnya diperlukan hingga empat puluh sampai dengan lima puluh miliar rupiah.

“Kalau tercapai atau tidak tercapai (sesuai target Porprov) tergantung anggaran disiapkan, sekarang kita kan APBD baru dibahas di Dewan, kita tidak tahu juga disetujui atau tidak permohonan ini, kalau disetujui lelang kita percepat,” demikian Helwanda.

Penulis: Sepri | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button