NEWS

Perairan Laut Penuh Potensi, DKP Babar Harap Masyarakat Lestarikan

Lensabangkabelitung.com, Muntok – Bumi Sejiran Satason memiliki potensi keanekaragaman laut khas yang belum tentu dimiliki oleh daerah laut. Hal itu disebutkan langsung oleh PLT Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Barat, Kamso saat ditemui Lensabangkabelitung.com di ruangannya, Jumat, 14 Agustus 2020.

Di dalam laut perairan sekitar wilayah Kabupaten Bangka Barat khususnya Kecamatan Jebus di dalamnya terdapat teripang dan kerang besar yang disebut masyarakat dengan nama kimak. Kata Kamso, teripang merupakan salah satu makhluk laut yang dilindungi oleh Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan.

Tidak hanya itu, Kamso juga menyebutkan di wilayah perairan Desa Bakit dan sekitarnya juga terdapat siput gong-gong yang mempunyai kandungan protein yang tinggi dengan nilai jual yang mahal. Kamso menyebutkan, siput gong-gong ini unik karena tidak berkembang-biak di semua perairan, selain di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diketahui ada juga di perairan Kepulauan Riau.

“Kemudian udang lipan, ini potensi, yang semua daerah belum ada, kalau dalam hal laut kita tidak punya kewenangan, harapannya nelayan bisa menjaga lingkungan perairan, terlepas tidak punya kewenangan, cuma kita berharap untuk kelanjutan kehidupan nelayan itu sendiri, kalau lestari ya baik buat nelayan,” demikian Kamso.

Penulis: Sepri | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button