NEWS

Pemkab Belitung Gandeng Ormas Berantas Peredaran Miras

Lensabangkabelitung.com, Belitung – Pemerintah Kabupaten Belitung menggandeng organisasi pemuda hingga Organisasi Masyarakat (Ormas) untuk memberantas peredaran minuman keras (miras). Hal tersebut dilakukan sebagai upaya persiapan Belitung menjadikan pariwisatanya sebagai destinasi wisata halal.

Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan pihaknya sengaja melibatkan unsur masyarakat untuk membantu pemerintah daerah mengatasi peredaran miras yang saat ini menjadi perhatian serius karena sudah meresahkan.

“Belitung sudah mencanangkan wisata halal sehingga keberadaan miras sudah menjadi dampak negatif dan sudah meresahkan sehingga perlu kita tuntaskan dan antisipasi bersama,” ujar Sahani dalam siaran persnya yang diterima wartawan, Rabu, 5 Agustus 2020.

Menurut Sahani, pihaknya akan melakukan langkah progresif untuk menindak tegas pelaku ataupun oknum yang terkait dengan penyebaran miras di Kabupaten Belitung.

“Sudah ada aspirasi dari para tokoh pemuda dan ormas yang meminta agar persoalan miras ini diperhatikan. Ini kami akomodir dan akan menjadi perhatian serius kedepan. Kita akui Perda yang ada saat ini, yakni Perda nomor 5 tahun 2014 dari sisi regulasi terdapat kelemahan sehingga perlu direvisi,” ujar dia.

Sebelumnya para tokoh pemuda dan masyarakat di Kabupaten Belitung menyampaikan pernyataan sikap untuk mendesak persoalan peredaran miras dapat diselesaikan. Pernyataan sikap tersebut diantaranya adalah mengutuk dan mengecam segala bentuk produksi, distribusi dan penjualan miras, meminta proses hukum kepada siapa saja yang terkait peredaran miras sesuai dengan Undang-undang.

Selain itu para tokoh pemuda dan ormas juga mengajak masyarakat di Belitung untuk berperan aktif memberantas miras dan meminta pemerintah daerah tidak menerapkan pelaku yang terkait peredaran miras dengan tindak pidana ringan serta mendesak Bupati dan Polisi untuk dapat bertindak tegas.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button