NEWS

Hasil Operasi Patuh Babel, Penilangan Turun Tapi Korban Meninggal Lakalantas Bertambah

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Operasi Patuh 2020 yang digelar serentak di seluruh wilayah Indonesia resmi berakhir hari ini, Rabu, 5 Agustus 2020. Khusus di Bangka Belitung, ada penurunan dan peningkatan jumlah data lalu lintas dalam operasi patuh tahun ini.

Direktur Lalu Lintas Polda Bangka Belitung Komisaris Besar Hindarsono mengatakan pihaknya telah melakukan tindakan represif, preemtif dan preventif selama melaksanakan operasi patuh 2020.

“Untuo tindakan represif, kita telah mengeluarkan tilang kepada pengendara kendaraan bermotor sebanyak 2244 tilang. Jumlah ini menurun jika dibandingkan dengan operasi patuh 2019 lalu yang jumlah tilang mencapai 6327,” ujar Hindarsono kepada Lensabangkabelitung.com, Rabu, 5 Agustus 2020.

Hindarsono menuturkan selama pelaksanaan operasi patuh yang digelar sejak 23 Juli – 5 Agustus 2020 telah terjadi 10 kali kecelakaan lalu lintas dengan korban meninggal dunia sebanyak 6 orang, luka berat 10 orang dan luka ringan 2 orang.

“Sedangkan untuk kerugian materil yang diderita mencapai Rp 10,7 juta. Untuk laka lantas memang ada penurunan dibandingkan tahun lalu dengan 14 kejadian. Namun untuk korban ada peningkatan tahun ini jika dibandingkan dengan tahun lalu dimana 5 orang meninggal dunia, 4 luka berat dan 6 luka ringan,” ujar dia.

Menurut Hindarsono, untuk giat preemtif persentase pelaksanaannya sebanyak 48,72 persen terdiri dari 2544 kali penyampaian pendidikan masyarakat melalui media elektronik, media cetak dan media sosial.

“Selain itu juga dilakukan pembagian 2148 masker dan pemasangan 3518 spanduk, brosur dan stiker. Sedangkan untuk giat preventif kita melakukan 2566 teguran tertulis, 1725 pengaturan, 450 penjagaan, 84 pengawalan dan 1571 kegiatan patroli,” ujar dia.

Hindarsono menambahkan pihaknya mengharapkan masyarakat tetap mematuhi aturan berlalu lintas meski operasi patuh 2020 sudah selesai dilaksanakan.

“Semoga kedepannya masyarakat pengguna jalan lebih tertib dan peduli lagi dengan keselamatan berlalu lintas,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button