NEWS

Gubernur Menyayangkan Beltim Mundur Jadi Tuan Rumah dan Peserta MTQ Tingkat Provinsi

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Pemerintah Provinsi mengambil alih pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke IX tahun 2020 tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung setelah Kabupaten Belitung Timur mundur menjadi tuan rumah sekaligus peserta dengan alasan pandemi Covid-19.

Sebelumnya pelaksanaan MTQ ke IX tingkat provinsi Bangka Belitung seyogyanya akan digelar di Kabupaten Belitung Timur. Sempat diundur karena Covid-19, Belitung Timur akhirnya menarik diri sebagai tuan rumah maupun keikutsertaan sebagai peserta.

“Kita menyayangkan MTQ IX tingkat provinsi ini ada kabupaten yang mundur dari kepanitiaan bahkan mundur dari kepesertaan. Agar tetap berjalan, saya meminta kepada pihak penyelenggara agar ini diambil alih oleh Pemprov,” ujar Erzaldi dalam siaran pers Diskominfo yang diterima wartawan, Selasa, 4 Agustus 2020.

Menurut Erzaldi, MTQ IX 2020 Bangka Belitung tetap akan dilaksanakan dengan mematuhi protokol Covid-19 baik secara virtual maupun pembatasan pengunjung.

“MTQ ini kita laksanakan dengan cara-cara baru yang sangat mematuhi protokol kesehatan. Jangan gara-gara pandemi, hal-hal yang berurusan dengan keagamaan ini kita jauhkan,” ujar dia.

Erzaldi menuturkan MTQ merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, terlebih di masa seperti ini manusia sedang diuji dengan adanya pandemi Covid-19.

“Dengan MTQ kita akan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. InsyaAllah dengan MTQ, doa kita lebih dikabulkan dan badai ini akan segera berlalu. Karena kita terus mentadaruskan Al-Quran di muka bumi ini,” ujar dia.

Erzaldi menyampaikan bahwa Al-quran yang diimani umat muslim adalah kalam Allah yang diturunkan sebagai petunjuk dan pedoman hidup bagi umat manusia.

“Al-quran yang indah semakin terasa nikmat kala dilantunkan secara merdu dan ini merupakan wujud manifestasi kecintaan kita pada Allah SWT. Selamat bertanding kepada para peserta yang jati dirinya adalah jati diri sang juara, yang Insya Allah dapat memperjuangkan dan mempertahankan Al-quran serta senantiasa mengharapkan kebesaran dan keagungan Allah,” ujar dia.

Ketua Panitia MTQ ke IX Bangka Belitung Ustaz Fadillah menambahkan kegiatan tersebut akan diikuti sebanyak 251 peserta dari 6 kabupaten dan kota se-Bangka Belitung dengan satu kabupaten tidak mengirimkan pesertanya.

“Ada beberapa cabang dilombakan dalam kegiatan ini. Para pemenang akan mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke MTQ tingkat nasional,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button