NEWS

Bunyikan Sirine Kapal di Laut Babel, Cara Ditpolairud Ajak Maknai Peringatan HUT RI

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, turut menggema di wilayah perairan Bangka Belitung. Caranya pun cukup unik, yakni dengan membunyikan secara serentak sirene kapal-kapal.

Direktur Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Bangka Belitung Komisaris Besar Muhammad Zainul mengatakan di HUT ke-75 RI seluruh kapal patroli Ditpolairud Polda Babel yang berada di wilayah perairan Kabupaten dan Kota melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait.

“Kita mengimbau kepada kapal-kapal kargo, kapal tanker, KIP dan kapal nelayan yang berada di perairan Bangka Belitung untuk membunyikan sirine serentak di kapalnya masing–masing selama 3 menit pada pukul 10.17 WIB dan melaksanakan penghormatan kepada Bendera Merah Putih,” ujar Zainul kepada wartawan, Selasa, 18 Agustus 2020.

Menurut Zainul, kegiatan tersebut dilakukan selain bertujuan untuk merayakan Kemerdekaan Negara RI, juga untuk mengenang jasa para pahlawan yang ikut berperang dalam proses kemerdekaan Indonesia.

“Untuk itu kita harus lebih banyak lagi bersyukur karena hari ini sudah hidup merdeka tanpa adanya penjajah,” ujar dia.

Zainul menambahkan sebagai generasi penerus bangsa wajib untuk menumbuhkan lebih cinta tanah air, yaitu dengan menjaga nama baik Indonesia, menjaga kesatuan bangsa dan menjaga kelesatarian lingkungan dan mencintai produk dalam negeri.

“Membunyikan sirene saat HUT RI juga bisa menjadikan ajang silahturhmi agar hubungan sesama masyarakat nelayan dan pelaut Indonesia lebih harmonis lagi sesuai dengan cita-cita bangsa dan negara Indonesia,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny FahrumLook

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button