BANGKA TENGAHNEWS

Bawaslu Bateng Jelaskan Aturan Main Iklan Kampanye Pilkada 2020

Lensabangkabelitung.com, Koba – Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menggelar sosialisasi iklan kampanye pasangan calon dan keterbukaan informasi pada pilkada serentak tahun 2020, Kabupaten Bateng.

Kegiatan tersebut langsung dibuka oleh Ketua Bawaslu Bateng, Robianto yamg mengatakan kegiatan ini dilaksanakan mengingat ada keterkaitannya dalam pelaksanaan iklan kampanye pada masa kampanye pada Pilkada mendatang.

“Semoga dengan kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman kita bersama,” jelasnya, Rabu 12 Agustus 2020.

Anggota Bawaslu Kabupaten Bateng, Wahyu Tri Buwono menjelaskan kegiatan kampanye bertujuam untuk meyakinkan pemilih dengan menawarkan visi misi dan program pasangan calon kepala daerah.

“Untuk pemasangan iklan kampanye juga bervariasi seperti melalui media cetak dan elektronik, bentuk tulisan, animasi, debat, dan cara lainnya, yang bertujuan untuk memperkenalkan pasangan calon atau meyakinkan pemilih memberi dukungan, yang difasilitasi oleh KPU Provinsi atau KPU Kabupaten yang didanai oleh APBD,” ujarnya.

Ia menambahkan, Bawaslu melakukan pengawasan iklan kampanye di media massa dengan beberapa tujuan, seperti untuk memastikan materi iklan kampanye sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan memastikan batasan jumlah penayangan dan ukuran atau durasi kampanye untuk setiap pasangan calon dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dikatakannya dalam iklan kampanye tersebut juga ada beberapa larangan, seperti dilarang untuk menghina seseorang, agama, suku, ras, golongan baik kepada pasangan calon kepala daerah dan/atau partai politik.

“Iklan kampanye juga melarang melakukan kampanye berupa menghasut, memfitnah, mengadu domba baik partai politik, perseorangan dan/atau kelompok masyarakat,” pungkasnya.

Penulis: Hendri Ahen | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button