NEWS

Bawaslu Basel Imbau Peserta Pilkada untuk Segera Menyiapkan Syarat Pencalonan

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Menjelang tahap pendaftaran pasangan calon pada Pilkada Basel, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan menghimbau kepada peserta pemilu untuk sering melakukan koordinasi dengan KPU terkait dengan pencalonan agar tidak terjadi kesalahan saat pendaftaran.

Ketua Bawaslu Bangka Selatan, Sahirin mengatakan, menjelang masa pendaftaran pasangan calon ke KPU pada 4-6 September, Bawaslu telah mengundang perwakilan partai politik, LO perseorangan, perwakilan pemerintahan dan juga KPU sebagai narasumber utama terkait dengan teknis pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Kabupaten Bangka Selatan 2020.

“Kita telah melakukan pembahasan terkait dengan teknis pendaftaran pencalonan yang dimulai pada 4-6 September. Pembahasan ini salah satu unsur pencegahan kepada peserta pemilu,” kata Sahirin di Toboali.

Ia mengatakan, banyak hal yang harus disiapkan oleh perserta Pilkada dan partai politik dalam tahap pendaftaran pasangan calon, mulai dari syarat pencalonan sampai pada syarat calon.

Syarat pencalonan, lanjut Sahirin, 20 persen atau 5 kursi minimal atau gabungan partai politik bisa mendukung pasangan calon. Sementara untuk syarat calon ada 23 item yang harus disiapkan oleh pasangan calon, mulai dari e-KTP, SKCK sampai yang agak jauh itu surat keputusan tentang keterangan failid dan bebas hutang yang harus mengambilnya ke Jakarta Pusat.

“Karna dimasa pandemi ini, terkait dukungan partai politik dan syarat calon sangat banyak yang harus disiapkan pada tahap pendaftaran ke KPU nanti. Untuk itu dengan jeda 10 hari para peserta calon bisa menyiapkan di awal terkait 23 item yang harus disiapkan,” ujarnya.

Ia mengimbau kepada peserta Pilkada dalam hal ini partai politik dan LO perseorangan untuk sesering mungkin koordinasi dengan KPU Bangka Selatan agar tidak ada kesalahan dalam pendaftaran, karena waktunya jangan mepet yaitu tanggal 4-6 September.

“Kita berharap pada saat pendaftaran calon nanti tidak ada kesalahan ataupun kendala sesuai dengan PKPU yang berlaku. Karena waktu pendaftaran ini tidak panjang maka peserta pilkada harus betul-betul menyiapkan apa yang harus disiapkan,” katanya.

Penulis: Rusdi | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button