NEWS

Polres Bangka Selatan Gencarkan Patroli Cyber Jelang Pilkada 2020

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Menjelang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bangka Selatan di Pilkada serentak 2020, pada 9 Desember mendatang, Polres Bangka Selatan mulai gencar melakukan patroli dunia maya atau patroli cyber.

Patroli Cyber mulai digencarkan guna mengantisipasi kejahatan yang berkembang di media sosial (medsos) seperti berita bohong atau Hlhoax, SARA, dan provokasi.

Kapolres Bangka Selatan, AKBP S Ferdinand Suwarji mengatakan, tim cyber ditugaskan untuk mencegah penyebaran konten informasi yang dianggap dapat mengganggu situasi keamanan, dan ketertiban di masyarakat (kamtibmas) pada Pilkada serentak 2020.

“Tim Cyber dikerahkan untuk memantau dan mengawasi pengguna maupun konten media sosial. Dicontohkan apabila ada hoax, akan dilakukan tindakan hukum terhadap pelaku,” kata Kapolres, AKBP S Ferdinand Suwarji di Toboali.

Ia menginstruksikan kepada Subsatgas Media Polres Bangka Selatan yang berada dibawah Satgas Nusantara untuk tarus dan selalu aktif dalam melakukan Patroli Cyber bersama Sat Reskrim dan Sat Intelkam.

“Lakukan secara aktif patroli dunia mayanya atau Patroli Cyber, karena ini merupakan salah satu langkah dalam upaya pencegahan hal-hal negatif yang dilakukan oleh orang-orang yang berniat mengganggu kamtibmas jelang pilkada ini. Selain itu, lakukan koordinasi intensif dengan Satgas Gakkum,” ujarnya.

Kapolres mengajak seluruh masyarakat untuk mensukseskan Pilkada serentak 2020 Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan yang aman damai dengan tidak menyebar informasi berita bohong atau hoax.

“Mari kita jaga situasi Kamtibmas ini tetap kondusif menjelang Pilkada 2020 yang akan berlangsung pada 9 Desember mendatang. Jangan mudah terprovokasi oleh berita yang belum jelas kebenarannya atau hoax,” katanya.

Penulis: Rusdi | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button