NEWS

Kepala Cabdindik Babar Sebut Sistem PPDB Online di Wilayahnya Cukup Efektif dan Efisien

Lensabangkabelitung.com, Muntok– Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online sebab pandemi Covid-19 yang telah diselenggarakan SMA/SMK sederajat di wilayah Bangka Barat dikatakan oleh Kepala Cabdindik Bangka Belitung wilayah Bangka Barat, Sudarni, sudah cukup efektif dan efesien.

“PPDB tahun ini agak berbeda dengan PPDB kayak tahun-tahun sebelumnya ya, online itu,” kata Sudarni, Senin, 13 Juli 2020.

“Iya (cukup efesien dan efektif,-red) meskipun ada beberapa kendala, tapi bisa ditanggulangi, kendalanya itu yang pasti jaringan, pada tanggal ini ditetapkan kegiatan ini misalnya ternyata trouble, jadi tertunda, kalau dari sisi siswanya untuk meng-upload berkas-berkas tidak ada masalah,” tambah Sudarni.

Sudarni menjelaskan, kelancaran PPDB SMK/SMA Online berjalan lancar disebabkan wilayah Bangka Barat selalu dalam koordinasi, sehingga bagi calon peserta didik baru yang tidak mempunyai fasilitas penunjang untuk PPDB online di rumahnya bisa meminta bantuan ke sekolah.

“Sekolah sudah diputuskan untuk membantu, artinya anak akhirnya tetap bisa melakukan PPDB online meskipun tidak ada fasilitas di rumahnya, jadi bisa berjalan,” ujar Sudarni.

“Ada beberapa memang, yang karena ketidaktahuannya, kami juga tidak bisa memaksakan untuk semua orang jadi tahu, meskipun sudah diberitahu melalui media, pihak sekolah dan leaflet, tetapi tetap ada beberapa juga yang mengatakan tidak tahu,” tambahnya lagi.

Meskipun begitu, Sudarni menyatakan bukan berarti PPDB online menjadi buntu, karena segala kendala yang dialami oleh calon peserta didik baru tetap harus layani meskipun dalam bentuk manual.

“Online itu untuk mempermudah karena masa covid, ketika di situ ada kesulitan jangan karena tidak bisa online tidak kita terima, bukan begitu, yang manual tetap kita layani,” demikian Sudarni.

Penulis: Sepri | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button