NEWS

Kejari Basel Dirikan Pos Pelayanan Hukum di Kecamatan Tukak Sadai

Lensabangkabelitung.com, Tobali – Kejaksaan Negeri Kabupaten Bangka Selatan mendirikan pos pelayanan hukum di Desa Sadai Kecamatan Tukak Sadai Kabupaten Bangka Selatan. Pos yang berdiri di kantor desa Sadai ini telah diresmikan pada Selasa 14 Juli 2020.

Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Selatan, Mayasari mengatakan, pendirian pos pelayanan hukum di Kecamatan Tukak Sadai berfungsi untuk menjembatani perangkat desa dan juga masyarakat di 5 desa di Kecamatan itu jika nanti menghadapi problem terkait persoalan hukum. 

“Pos ini nanti akan jadi jembatan perangkat desa dan masyarakat di kecamatan ini jika menghadapi problem masalah-masalah hukum. Yang memerlukan solusi, teman diskusi atau masukan,” kata Mayasari, Selasa, 14 Juli 2020.  

Dengan berdirinya pos tersebut, diharapkan persentase kemungkinan masyarakat akan terjerat hukum cukup kecil. Sehingga di pos ini menjadi tempat solusi yang paling mudah untuk dijangkau. 

“Hari ini baru satu yang kita buka, nantinya akan kita buka lagi di kecamatan yaitu Kecamatan Payung, Kecamatan Toboali dan Kecamatan Simpangrimba. Pos ini nantinya akan berkolaborasi antara kami dan perangkat desa,” ujarnya. 

Ia mengatakan, apabila nanti ada masyarakat yang ingin berkonsultasi, silahkan datang ke pos pelayanan. Nanti, hasil konsultasinya ditampung terlebih dahulu oleh perangkat desa. 

“Dari perangkat desa nanti akan menyampaikan hasil konsultasi ke kami, dan setelah itu, petugas kejaksaan segera meluncur ke kantor pos pelayanan. Kami akan berikan pendampingan,” katanya. 

Sementara itu, Kades Sadai M Amin As mengapresiasi pendirian pos pelayanan hukum yang dilakukan oleh Kejari Basel di desanya. Apalagi, pos itu baru pertama kali didirikan di Negeri Junjung Besaoh. 

“Terima kasih banyak buat Ibu Kajari Mayasari. Mudah-mudahan dengan pos ini kita bisa membantu dan memberikan pencerahan kepada masyarakat agar mereka terhindar dari perbuatan melanggar hukum,” katanya

Hal senada juga disampaikan oleh anggota DPRD Basel H Kamarudin yang turut hadir dalam kegiatan tersebut. Dia menilai, terobosan itu merupakan langkah tepat yang diinisiasi oleh kejaksaan. 

“Mudah-mudahan pos ini dapat bermanfaat karena selama ini banyak yang belum begitu kenal dengan jaksa. Ini mungkin jadi pintu masuk, kita saling kenal dan jaksa bisa bersahabat dan mengayomi masyarakat,” ujarnya.

Penulis: Rusdi | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button