NEWS

Ini Tanggapan KPU Basel Soal Kesalahan Pencermatan Data Pemilih oleh Bawaslu

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan menemukan kesalahan dalam penyusunan A-KWK yang sebelumnya telah dilakukan singkronisasi oleh KPU Kabupaten Bangka Selatan.

Temuan itu, berdasarkan hasil pengawasan ke lapangan oleh Bawaslu Basel terhadap proses pencocokan dan penelitian yang dilakukan oleh Petugas pemuktahiran data pemilih (PPDP) di tiga Kelurahan dan satu Desa di Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan.

Menanggapi hal itu, Ketua KPU Bangka Selatan, Amri mengatakan, jika data A-KWK sudah diturunkan ke PPS untuk dilakukan pencermatan. Namun karena kesibukan waktu verifikasi faktual dengan laporan yang banyak sehingga ada yang tidak detail dalam melakukan pencermatan data.

“Perihal data pemilih A-KWK kemaren di Desa Rias telah dilakukan perbaikan dan buat sandingan sesuai hasil percermatan PPS Rias. Dan untuk Kelurahan Ketapang waktu monitoring ada memang 1 TPS yang melaporkan, tetapi untuk kelurahan Toboali dan Teladan akan kami panggil PPS-nya karna sampai saat ini belum ada laporannya,” kata Amri, Jumat 24 Juli 2020.

Ia mengatakan, berdasarkan hasil monitoring yang dilakukan KPU bersama Bawaslu, ada beberapa TPS yang sudah selesai melaksanakan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih.

“Kami berterimakasih, rekan kami Bawaslu kabupaten Bangka Selatan yang intens membantu KPU dalam mengawasi kegiatan Coklit oleh PPDP. Dan kami akan segera menindaklanjuti temuan Bawaslu supaya data lebih valid dan lebih baik,” ujarnya.

Ia meminta kepada kepada PPDP untuk melakukan koordinasi kembali kepada RT/RW setempat tentang hasil yang mungkin ada yang masih belum terdata atau ada perubahan data untuk melakukan kunjungan kerumah bersangkutan.

“Bagi PPS  kelurahan desa data A-kwk tidak sesuai lingkungan,  segera laporkan supaya cepat ditindaklanjuti. Sebagaimana Desa Rias dari awal sudah kita perbaiki maka saat ini pendataan dan pencocokan berjalan dengan lancar,” katanya.

Penulis: Rusdi | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button