LENSA DAERAHLENSA TINSNEWSPANGKALPINANG

Dukung Tins Galery Jadi Wisata Pangkalpinang, Gubernur Sumbang Alat Tradisional Babel

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman memberikan bantuan sejumlah alat-alat tradisional khas Bangka Belitung untuk menambah koleksi di Tins Galery. Hal tersebut sebagai bentuk dukungan Pemprov Bangka Belitung agar Tins Galery bisa menjadi objek wisata baru di Kota Pangkalpinang.

Bantuan yang diberikan tersebut adalah bubuh yang merupakan alat tradisional menangkap ikan yang terbuat dari batang resam asli Bangka Belitung beserta tali banetnya, serta alat tradisonal lain seperti kruntung sebagai tempat hasil ikan, pengki untuk mengangkut tanah, suyak tempat hasil petikan lada, dan sibokpa alat untuk membersihkan kuali.

“Kita mengapresiasi PT Timah yang membuka Tins Gallery. Hal ini sejalan dengan program Pemprov Bangka Belitung yang akan membuka pariwisata di era tatanan kehidupan baru atau new normal,” ujar Erzaldi disela-sela kunjungannya ke Tins Galery, Kamis, 2 Juli 2020.

Menurut Erzaldi, koleksi peralatan tradisional Bangka Belitung akan menambah wawasan masyarakat tentang budaya dan sejarah Bangka Belitung.

“Berbagai koleksi yang ada akan membawa memori pengunjungnya ke Bangka Belitung tempo dulu. Bahkan ada koleksi kain Bangka Belitung motif ubur-Ubur dan bebek bedecak buatan tahun 1832 dan 1720,” ujar dia.

Erzaldi menuturkan masyarakat dalam setiap melakukan aktivitasnya untuk benar-benar melaksanakan protokol Covid-19, termasuk saat berwisata.

“Pemerintah telah menyiapkan aturan dan sarana prasarana penunjang khususnya di tempat-tempat wisata sesuai dengan protokol Covid-19,” ujar dia.

Direktur Utama PT Timah Mochtar Riza Pahlevi Tabrani menambahkan pihaknya memang sengaja mengubah bangunan bekas PT Timah menjadi Tins Gallery untuk menambah tempat wisata di Bangka Belitung.

“Sebenarnya Tins Gallery sudah melakukan soft launching sebelum pandemi Corona. Namun pembukaannya secara resmi ditunda dulu. Tins Gallery ini merupakan bentuk perhatian PT Timah sebagai tempat untuk belajar sejarah dan budaya Bangka Belitung,” ujar dia.

Tins Gallery yang dikelola PT Timah menjadi objek wisata baru Kota Pangkalpinang. Berbagai koleksi benda seni dan sejarah pertimahan ada di lokasi itu. Terdapat juga souvenir-souvenir dan hasil produksi UMKM Bangka Belitung yang dapat dijadikan sebagai buah tangan bagi para pengunjungnya. Tempat ini juga dilengkapi dengan kafe dan restoran untuk tempat bersantai.

Penulis : Servio M | Nico Alp

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button