LENSA POLITIKNEWS

DPRD Basel Ajak Elemen Masyarakat Awasi Penggunaan Anggaran Pilkada 2020

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Setelah dicairkannya seratus persen anggaran Pikada serentak 2020 Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka Selatan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengawasi penggunaan anggaran Pilkada di Basel.

“Kita bersama-sama, bukan hanya DPRD saja yang bertanggungjawab untuk mengawasi penggunaan anggaran pilkada ini, tapi semua elemen masyarakat,” kata Ketua DPRD Kabupaten Bangka Selatan, Erwin Asmadi, Selasa 14 Juli 2020.

Ia meminta kepada lembaga penyelenggara pemilu yaitu KPU dan juga Bawaslu untuk menggunakan anggaran dana hibah dari Pemkab Bangka Selaran untuk Pilkada 2020 sebaik mungkin.

“Kita dari DPRD tidak jadi masalah terkait dengan anggaran Pilkada, yang penting uang itu digunakan sesuai dengan untuk peruntukannya tidak jadi masalah. Yang penting ada transfaransi dalam penggunaan anggaran,” ujarnya.

Sebagai lembaga penyelenggara pelimu, Ia yakin jika KPU dan Bawaslu Kabupaten Bangka Selatam akan bekerja secara profesional dalam mensukseskan Pilkada 2020 ini agar berjalan aman, lancar dan damai.

“Kita yakin dan percaya dengan KPU dan Bawaslu selaku penyelenggara pemilu yang profesional, apa yang sudah direncakan itu sesuai dengan perencanaan,” katanya.

Lebih lanjut, Erwin menilai, terkait dengan anggaran tambahan pilkada yang diajukan oleh KPU Bangka Selatan kurang tepat. Mengingat kondisi pemerintah daerah saat ini memiliki keterbatasan anggaran. 

“Anggaran yang diajukan oleh KPU cukup lumayan dengan jumlah 3 milyar lebih, sementara anggaran di pemda terbatas. Untuk itu, kita berharap peran serta dari pemerintah pusat melalui KPU pusat sehingga dalam penyelenggaraan ini berjalan lancar,” ujarnya.

Adapun anggaran Pilkada yang telah dicairkan sesaui dengan nota perjanjian hibah daerah (NPHD) yaitu untuk KPU sebesar Rp 18.929.942.000 dan Bawaslu sebesar Rp 7.215.020.000.

Penulis: Rusdi | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button