BANGKA TENGAHNEWS

Dibangun dengan Anggaran Hampir Rp 200 Juta, Depo Sampah DLH Bateng Mubazir

Lensabangkabelitung.com, Koba – Mubazir, itulah kata yang tepat untuk menggambarkan bangunan depo sampah milik Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Tengah. Setelah sekian lama terbangun hingga sampai sekarang belum sama sekali digunakan.

Sampai saat ini masih belum difungsikan padahal bangunan tersebut sudah lama berdiri, namun terkesan tidak dirawat dan dibiarkan begitu saja.

Dari hasil pantauan Lensabangkabelitung.com, sangat jelas terlihat bangunan sudah dipenuhi rumput liar yang tinggi dan dinding bangunan sudah banyak coretan tangan orang tak bertanggung jawab.

Diketahui pembangunan transfer depo sampah ini dilakukan oleh CV Tunas Jaya Kontruksi dengan No Kontrak : 660/015/SPK/PPK.TDS/DLH/2018 dengan nilai kontrak Rp 199.500.000.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pengolahan Sampah dan RTH, Rusdi menjelaskan permasalahan yang dihadapi kenapa sampai dengan saat ini depo sampah belum difungsikan adalah tidak adanya anggaran untuk orang yang akan bekerja di sana.

“Kita tidak memiliki budget untuk membayar orang kerja disana apalagi banyak anggaran yang dipangkas untuk penanganan Covid-19,” ujarnya via saluran telepon seluler, Rabu, 22 Juli 2020.

Ia melanjutkan pernah melakukan komunikasi dengan pihak kelurahan Padang Mulia untuk menggunakan depo sampah di sana, namun belum ada yang mau dan belum ketemu orang yang bergerak di bidang pengelolaan sampah.

“Pernah dicoba angkut sampah ke sana dengan menggunakan kendaraan motor dan mobil sampah, namun tidak bisa masuk karena kondisi tanahnya berpasir jadi kalau dipaksakan akan amblas,” terangnya.

Penulis: Hendri Ahen | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button