LENSA POLITIKNEWS

Tahapan Pilkada Dilanjutkan, KPUD Beltim Perlu Susun Ulang Anggaran

Lensabangkabelitung.com, Belitung Timur – Pelaksanaan Pemillihan Kepala Daerah Kabupaten Belitung Timur pada 9 Desember mendatang siap dilanjutkan.

Sebagai salah satu daerah yang ditetapkan sebagai zona hijau Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Beltim menyatakan optimis dapat melanjutkan tahapan Pilkada tersebut sembari menunggu Peraturan KPU RI.

“Kita akan efektif menunggu KPU Pusat mengeluarkan PKPU revisi dari peraturan penundaan dari pelaksanaan tahapan Pilkada kemarin,” jelas Ketua KPUD Beltim, Rizal kepada Lensabangkabelitung.com, Selasa, 2 Juni 2020.

Dia menambahkan, dalam draft PKPU terbaru syarat utama pelaksanaan Pilkada harus mengedepankan protokol kesehatan.

“Ketika PKPU diterbitkan, sah dilaksanakan. Tentunya hal yang harus kami laksanakan terlebih dahulu adalah koordinasi dengan gugus tugas Covid daerah,” imbuh Rizal.

Lanjut Ketua KPU, sejalan dengan pelaksanaan Pilkada yang harus memenuhi protokol kesehatan artinya KPU juga pelu menyusun kembali anggaran dalam pelaksanaannya.

“Diharapkan aturan akan dapat memberikan petunjuk terkait penggunaan anggaran untuk pelaksanaan kelanjutan tahapan dengan protokol kesehatan ini,” jelasnya.

Rizal memaparkan, sampai saat ini anggaran yang sudah ditransfer rekening KPUD adalah sebesar 40 persen dari nilai Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

“Sudah digunakan untuk pelaksanaan tahapan 3 bulan terdahulu, Januari – Maret 2020. Digunakan baru sedikit masih tersimpan di rekening KPUD,” pungkasnya.

Penulis: Rizky | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button