NEWS

Satgas Angla dan GTPPC-19 Bangka Barat Pulangkan 13 Penumpang Gelap ke Daerah Asal

Lensabangkabelitung.com, Muntok – Total 13 orang penyusup atau penumpang gelap yang masuk ke wilayah Kabupaten Bangka Barat melalui pelabuhan tikus dipulangkan oleh Satgas Angkutan Laut (Angla) dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC-19) Kabupaten Bangka Barat ke daerah asal melalui Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, sekitar Pukul 10.00, Minggu, 7 Juni 2020.

Diketahui, 13 orang penyusup atau penumpang gelap kapal jalur pelabuhan tikus ini terbagi dari dua kelompok tindakan penyusupan ke Bangka Barat yang berbeda.

Kelompok pertama, berasal dari 7 orang penyusup atau penumpang gelap jalur pelabuhan tikus yang berhasil diamankan pada hari Kamis, 4 Juni 2020 lalu. 7 orang ini diketahui sudah sempat berpencar ke tujuan masing-masing sebelum akhirnya berhasil dicari dan dikumpulkan oleh Pos AL Muntok.

Kelompok kedua, yakni enam orang lainnya merupakan kelompok yang berhasil diamankan oleh Pos AL Muntok bersama GTPPC-19 Babar yang melakukan penyusupan melalui jalur pelabuhan tikus di dermaga teluk rubiah pasar lama Muntok dari Sungsang Sumatera Selatan menggunakan speed boat saat tengah malam dini hari, Minggu, 7 Juni 2020.

“Pengembalian para penumpang didampingi petugas tim satgas angla dan instansi terkait, harapan ke depan buat Satgas Angla agar tetap semangat untuk mencegah masuknya penumpang gelap jalur pelabuhan tikus ke Bangka Barat,” kata Danpos AL Muntok, Kapten Laut Y Prabowo, kepada Lensabangkabelitung.com, Minggu, 7 Juni 2020.

“Kegiatan ini untuk mengingatkan masyarakat agar tidak melalui pelabuhan tikus tanpa melengkapi kelengkapan dokumen, tim Satgas Angla akan tetap memantau dimana Bangka Barat merupakan pintu masuk jalur laut wilayah barat Bangka Belitung,” demikian Kapten Laut Y Prabowo.

Penulis: Sepri | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button