NEWS

Realokasi Anggaran, KPU Beltim Geser Rp 2,2 M Untuk APD

Lensabangkabelitung.com, Belitung Timur – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Belitung Timur bersama Pemerintah Daerah (Pemda) serta stake holder telah mebahas rasionalisasi anggaran pemilihahan Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur 9 Desember.

Ketua KPUD Beltim, Rizal mengatakan, tidak ada penambahan anggaran terkait Pilkada Beltim mendatang. Namun, merujuk Permendagri No. 41 tahun 2020, sebagian anggaran dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) akan digeser untuk keperluan pemenuhan Alat Pelindung Diri (APD)

“Mengingat pelaksanaan Pilkada harus sesuai protokol kesehatan, Dari NPHD tahun ini lima belas miliyar seratus lima puluh juta tersebut kita realokasi sebesar dua milyar dua ratus juta untuk pemenuhan APD dan protokol perlindungan untuk /adhoc/, jelas Rizal kepada Lensabangkabelitung.com, Kamis, 18 Juni 2020.

Realokasi anggaran, kata dia, diambil dari kegiatan yang dianggap tidak relevan dilaksanakan dalam masa pandemi. “Misalkan rapat yang mengundang banyak orang, atau memotong perjalan dinas untuk undangan rakor dengan KPU RI, papar Rizal.

Lebih lanjut dia mengatakan tidak ada penambahan Tempat Pumungutan Suara (TPS) untuk Pilkada mendatang. Setiap TPS nantinya akan dilaksanakan pemilihan dengan maksimal 500 pemilih.

“Kalau mengacu dari Pileg (Pemilihan Legislatif–red) malah turun dari 333 TPS berkurang menjadi 248 TPS,” imbuh Rizal.

Lanjutnya akan untuk sekarang fokus KPU untuk sosialisi terhadap semua stake holder terkait tahapan lanjutan Pilkada. “Satu bulan kedepan baru pemuktahiran data,” tutup Ketua KPU.

Penulis: Rizky | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button