NEWS

PMI Bangka Selatan Butuh Bank Darah

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bangka Selatan membutuhkan bank darah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang ada di daerah itu.

“Saat ini PMI Bangka Selatan sangat butuh bank darah. Karena selama ini hasil donor darah masyarakat diserahkan ke PMI provinsi di Pangkalpinang, karena di kita (PMI Basel_red) tidak ada bank darah,” kata ketua PMI Bangka Selatan, M M Iskandar, Selasa 9 Juni 2020.

Menurut Iskandar, keberadaan bank darah sangat penting, karena hampir di setiap kecamatan yang ada di kabupaten Bangka Selatan ada pendonor yang siap mendonorkan darah.

“Kebutuhan bank darah ini tidak bisa ditunda lagi, untuk itu kita berharap semoga Pemda peduli terhadap kegiatan PMI yang sering disosialisakan kepada masyarakat,” ujarnya.

Dikatakannya, dari sisi sarana dan prasana yang ada di PMI Bangka Selatan masih sangat kurang dan jauh jika dibanding dengan PMI yang lain.

Saat ini saja, kata Iskandar PMI Bangka Selatan masih belum memiliki gedung permanen dan menumpang di gedung milik pemda. Selain itu juga kurangnya  kendaraan operasional khusus.

“Sampai sekarang PMI masih pinjem belum ada gedung permanen, dan kita ingin mengajukan gedung permanen dan mobil operasional khusus. Saat ini ada satu mobil yang kita gunakan setiap saat mulai dari buat donor darah, penyemprotan, dan bantu orang-orang yang membutuhkan,” katanya.

Sementara dari sisi keaktifan, kata Iskandar Bangka Selatan patut diajungi jempol keaktifan para pendonor yang tercatat di PMI Bangka Selatan dalam mendonorkan darah.

“Saat ini kita punya 34 grup donor darah yang tersebar di setiap kecamatan. Semua bisa ter-cover lewat WhatsApp. Jika ada pasien yang membutuhkan donor darah kita bisa menghubungi para pendonor kita,” ujarnya.

Penulis: Rusdi | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button