NEWS

Cegah Covid-19, Kecamatan Toboali Bikin Program Gesid-19

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Dalam upaya membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 di daerah itu, Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan membuat satu program yang diberi nama “Gesid-19”.

Camat Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Sumindar mengatakan, program “Gesid-19” merupakan gerakan sosialisasi kesadaran masyarakat untuk bersama-sama mencegah berkembangnya Covid-19.

“Melalui program Gesid19 ini kita bersama seluruh stakeholder yang tergabung didalam penangan Covid-19 kecamatan Toboali bersama-sama mensosialisasi kepada masyarakat untuk patuh dan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah guna memutus rantai penyebaran Covid-19,” kata Sumindar kepada Lensabangkabelitung.com.

Ia mengatakan, fokus dari program gesid-19 adalah memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya berprilaku hidup sehat sesuai dengan SOP Covid-19. Adapun sasarannya adalah masyarakat, tempat keramaian seperti toko, terminal dan tempat ibadah yang ada di Kecamatan Toboali.

Dalam program gesid-19, Sumindar mengatakan, pihaknya juga membuat stiker kecil “Dalam Pemantauan” yang akan ditempelkan ditempat-tempat usaha seperti pertokoan.

“Setelah kita lakukan sosialisasi kepada masyarakat kita membuat stiker kecil disitu ada judul “Dalam Pemantauan”. Setelah masyarakat paham tentang pentingnya SOP kesehatan, mereka harus menandatangi surat pernyataan bahwa mereka akan mengikuti dan mematuhi SOP kesehatan Covid 19 yang diketahui oleh pihak kecamatan,” katanya.

Ia mengatakan, akan ada sanksi yang diberikan jika ada yang melanggar dan tidak mematuhi SOP kesehatan Covid-19 sepertinyang telah diatur oleh pemerintah.

“Tempat jualannya nanti ditempel stiker “Dalam Pemantauan”, andai kata mereka tidak mematuhi hal itu sanksinya adalah sampai pada pencabutan izin dan penutupan sementara tempat usaha mereka,” ujarnya.

Penulis: Rusdi | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button