NEWS

Tracing Positif Covid-19 Cluster Gowa di Babel, Baru 6 Orang Terdeteksi

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Pusat Posko Pengendalian dan Operasi (Puskodalops) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Bangka Belitung terus melakukan tracing (penelusuran) terhadap orang-orang yang menghadiri Itjima Ulama Dunia 2020 zona Asia yang digelar di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan 19-22 Maret 2020 lalu.

Ketua Puskodalops GTPP Covid-19 Bangka Belitung Mikron Antariksa mengatakan pihaknya baru menemukan 6 orang yang diketahui menghadiri kegiatan tersebut.

“Dari enam orang yang sudah diketahui tersebut, dipastikan ada 2 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, yakni warga Pemali dan Merawang Kabupaten Bangka,” ujar Mikron kepada Lensabangkabelitung.com, Jumat malam, 1 Mei 2020.

Untuk empat orang lagi, kata Mikron, tiga orang sudah dilakukan pengambilan swab dan menunggu hasil pemeriksaan yang dilakukan di Klinik Kesehatan Bangka Belitung.

“Masing-masing satu orang di Muntok, Belitung, dan Kabupaten Bangka Tengah, sedang menunggu hasil pemeriksaan swab. Sedangkan satu orang lagi warga Gabek Kota Pangkalpinang rencananya besok akan dilakukan pengambilan swab. Untuk hasil rapid test mereka ini non reaktif,” ujar dia.

Mikron menuturkan pihaknya masih terus melakukan penelusuran karena menurut informasi yang diterima ada lebih dari 10 orang yang hadir dalam kegiatan di Gowa tersebut.

“Kami lagi menggali sumber lagi karena menurut informasi yang kita terima ada 10-an orang warga Bangka Belitung yang menghadiri kegiatan tersebut,” ujar dia.

Mikron menambahkan pihaknya meminta warga Bangka Belitung yang menghadiri kegiatan Itjima Ulama Dunia 2020 itu dapat melapor ke petugas dengan kesadaran sendiri.

“Kita imbau mereka ini melapor untuk ditangani lebih lanjut. Kita ingin memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 ini dari cluster Gowa ini,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button