NEWS

Dokter Hewan Pemkab Bateng Periksa Kesehatan Sapi, Sebelum Dagingnya Dibagikan Gratis

Lensabangkabelitung.com, Koba – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah menugaskan para dokter hewan untuk memastikan kesehatan sapi. Kabupaten yang dipimpin Bupati Ibnu Saleh ini, memang berencana membagi-bagikan daging gratis kepada masyarakat di saat menghadapi lebaran Idul Fitri.

Para dokter hewan, diminta bersiaga sampai bebeeapa hari ke depan, di tempat pemotongan hewan milik Haji Samud di Kelurahan Padang Mulia Kecamatan Koba.

Drh Yanto, salah saru dokter hewan yang ditemui Lensabangkabelitung.com saat bertugas, mengatakan selama masa pemotongan sapi yang disiapkan oleh pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, untuk dibagikan kepada masyarakat secara gratis, tim kesehatan hewan akan selalu siaga untuk memeriksa kondisi sapi dan isi organnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan kondisi daging yang dibagikan sudah memenuhi standar kelayakan konsumsi.

“untuk sampai saat ini kita belum menemukan adanya sapi yang sakit. Alhamdulillah sapi yang disiapkan oleh bapak Haji Samud yang dipesan oleh Pemkab Bateng, sampai sekarang belum ditemukan sapi yang sakit,” ujar dia, Sabtu, 17 Mei 2020.

Dikatakannya, jika nanti menemukan adanya sapi yang sakit maka tidak akan dilakukan pemotongan. Begitupula, jika nantinya ditemukan adanya adanya organ dalam sapi yang tak bagus, maka akan disingkirkan. “Misalnya kalau dilihat hati atau jantung ada yang cacat, kita buang,” terangnya.

Kepala Disperindag Bateng, Kaharudin mengatakan juga, kalau hingga saat ini belum menemukan sapi-sapi dan daging sapi ini yang kurang bagus atau sapi sakit.

“Walapun ini daging gratis yang dibagi ke masyarakat, tetapi kita sebagai pelayan masyarakat yang ditugaskan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah untuk membagikan daging gratis, kita akan tetap menjaga kesehatan sapi dan kualitas daging. Agar masyarakat bisa menkonsumsi daging tersebut dengan aman,” tuturnya.

Pemilik rumah potong hewan, Haji Samud mengatakan dirinya berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, yang telah memberi kepercayaan kepadanya dalam penyediaan daging untuk dibagikan kepada masyarakat Bangka Tengah.

“Sebagai penyedia, kami sangat menjaga kualitas daging yang akan dibagikan ke masyarakat. Semoga kerja sama ini bisa terus berjalan,”ujar dia.

Penulis: Hendri | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button