NEWS

Pelabuhan Tanjung Kalian Jadi Titik Rawan Masuknya Covid-19 ke Bangka Barat

Lensabangkabelitung.com, Muntok– Seluruh daerah perbatasan yang mempunyai jalur keluar-masuk penduduk di Kabupaten Bangka Barat dinilai oleh Sidarta Gautama selaku Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sebagai titik rawan penyebaran Virus Covid-19. Mekanisme pemetaan titik-titik rawan yang dilakukan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 ditinjau melalui sudut pandang kondisi geografis (letak wilayah) dan demografis (kependudukan).

Dari analisis pemetaan itu, Sidarta mengatakan bahwa pintu gerbang merupakan titik rawan Kabupaten Bangka Barat, apalagi daerah yang saat ini dipimpin oleh Bupati Markus juga mempunyai Pelabuhan Tanjung Kalian yang menjadi pintu gerbang Bangka Belitung jalur laut.

“Karena dalam sudut pandang kondisi kependudukan kita, yang rawan adalah pintu gerbang, Bangka Barat ini kan pintu gerbang Babel, utamanya (Pelabuhan) Tanjung Kalian,” jelas Sidarta Gautama yang juga Kasat Pol PP dan PB Bangka Barat, Jumat 17 April 2020.

“Tapi yang menjadi titik rawan kita saat ini adalah dengan kondisi geografis kita yang seperti ini adalah perbatasan yang memungkinkan keluar masuk penduduk kita,” tambahnya.

Lebih lanjut, Sidarta menjelaskan itu lah yang menjadi alasan mengapa di setiap Kecamatan yang mempunyai jalur keluar-masuk penduduk didirikan Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 seperti yang ada di Kecamatan Parit tiga titiknya ada di Penganak dan Bakik lalu Kecamatan Tempilang titiknya ada di Sinar Surya dan satu titik yang berbatasan dengan Puding dan seterusnya.

“Kita kan ada enam Kecamatan, data yang kita terima dari kawan-kawan dinas kesehatan untuk ODR saja termasuk ODP, itu kan penyebarannya kan bukan hanya berkumpul dan berposisi di Muntok saja, hampir semua Kecamatan kalau untuk ODR dan ODP juga ada yang sampai tempilang dan sebagainya,” ungkapnya.

“Itulah mengapa kawan-kawan media lihat saya paling sibuk ngurusin pelabuhan, karena ini lah satu-satunya pintu masuk yang resmi, walaupun kita juga tidak lepas mengamati pintu-pintu masuk yang tidak resmi seperti pelabuhan tikus dan sebagainya, itu tetap dalam pengawasan kita,” pungkasnya.

Terbaru, berdasarkan data yang dirilis Kementerian Kesehatan RI Sabtu, 18 April 2020, di Provinsi Sumatera Selatan saat ini sudah terdapat 84 pasien positif Covid-19. Sumsel adalah provinsi terdekat dari Babel, yang jalur keluar masuknya dari Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok.

Penulis: Sepri | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button