NEWS

Hari Ini Ditreskrimsus Kembali Sita Alat Berat dari HL Lubuk, Tapi Pemilik Masih Saksi

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Bangka Belitung hari ini kembali mengamankan alat berat yang membabat kawasan Hutan Lindung (HL) di Desa Lubuk Besar Kabupaten Bangka Tengah. Dengan begitu, total 2 unit alat berat yang diamankan sejak kemarin berikut peralatan tambang.

Direktur Ditreskrimsus Polda Bangka Belitung Kombes Haryo Sugihartono mengatakan alat berat yang baru diamankan tersebut berada di lokasi yang sama dengan pemilik yang sama yakni A.

“Hari ini kita kembali mengamankan satu alat berat dan peralatan mesin tambang. Jadi sudah dua alat berat yang diamankan. Saat ini anggota dalam perjalanan ke Mapolda untuk membawa alat berat tersebut,” ujar Haryo kepada Lensabangkabelitung.com, Selasa, 7 April 2020.

Haryo menuturkan saat ini pemilik alat berat A dan pemilik tambang B direncakan akan segera diperiksa dengan status saksi dan selanjutnya akan dilakukan gelar perkara.

“Perkara ini sudah kita tingkatkan ke tahap penyidikan. Untuk A sebagai pemilik alat berat dan B sebagai pemilik tambang akan segera diperiksa. Sedangkan untuk I operator alat berat dan E helper alat berat belum kita tahan meski kemarin sempat diamankan,” ujar dia.

Menurut Haryo, hasil ploting titik koordinat terkait lokasi beroperasinya alat berat dan tambang di Merapin 6 Lubuk Bangka Tengah masuk dalam kawasan HL.

“Lokasi penambangan tersebut setelah kita lakukan ploting titik koordinat menunjukkan bahwa lokasi penambangan tersebut berada dalam kawasan HL Lubuk Besar,” ujar dia.

Haryo menambahkan penambang di kawasan HL Merapi VI Lubuk tersebut sudah berlangsung sejak 13 Maret 2020 hingga kemarin usai diamankan oleh kepolisian.

“Kasus ini masih terus kita proses dan barang bukti sudah diamankan ke Polda Bangka Belitung,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button