NEWS

Di Bangka, Bulan Puasa Tahun Ini Tanpa Pasar Kaget Ramadan

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Pemerintah Kabupaten Bangka tahun ini tidak memberikan izin bagi pedagang untuk membuka pasar Ramadan atau pasar kaget Ramadan. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk mencegah penyebaran Covid-19.

” Untuk tahun ini pasar Ramadan dan pasar kaget yang biasa menjual takjil untuk berbuka puasa dan kuliner yang biasanya rutinitas dilakukan oleh masyarakat untuk menambah pendapatan ditiadakan ,” ungkap M.Dalyan Amrie Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka, Kamis 23 April 2020.

Menurut Dalyan pasar kaget Ramadan ini sudah ada tiap tahun seperti di Pasar Inpres,di Grasi, dan juga di Pasar Kite, karena ditakutkan penyebaran Covid-19, maka pasar Kaget Ramadan ditiadakan.

“Saat ini pemerintah daerah sudah ada arahan langsung dari pemerintah pusat agar tahun ini tidak di ijinkan untuk melaksanakan pasar kaget atau pasar Ramadan, tujuannya agar pandemi Covid-19 tidak tersebar luas lagi, jadi untuk pencegahan Covid,” terang Dalyan.

Dalyan juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mengadakan atau berkumpul untuk pencegahan Covid-19 ini.

“Kalau memang masyarakat ingin berjualan untuk membantu mendapatkan pendapatan lebaran silakan saja, tetapi dirumah masing-masing, bisa dengan sistem online. Jadi imbauan kami cara untuk menjual kuliner atau takjil untuk puasa bisa dilaksanakan secara online,” jelasnya.

Dijelaskan Dalyan bagi masyarakat yang melanggar dengan sengaja membuat pasar kaget tanpa ijin maka Pemkab Bangka melalui Satpol PP Bangka akan melakukan penindakan.

Sementara itu untuk pasar tradisional dan pasar rakyat yang ada di Kabupaten Bangka masih tetap beroperasi dan sampai hari ini tidak ada penyetopan atau pelarangan dari pemerintah daerah mengingat pasar untuk mencukupi kebutuhan masyarakat.

Penulis : Vera | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button