NEWS

Tangkal Corona, Mulai Hari Ini Lapas Tua Tunu Tiadakan Kunjungan

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Tua Tunu, Pangkalpinang meniadakan jadwal kunjungan. Kebijakan tanpa pem-bezoek ini diberlakukan mulai hari ini, Kamis, 19 Maret 2020.

Kepada lensabangkabelitung.com, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas 2A Tua Tunu, Kunrat Kasmiri mengatakan peniadaan kunjungan dari keluarga ataupun kerabat kepada warga binaan, dilakukan untuk melindungi petugas dan warga binaan dari kemungkinan tertularnya virus corona atau Covid-19.

“Mulai hari ini tidak ada kunjungan ke dalam. Segala hal yang berpotensi menjadi titik masuk penularan corona ke dalam Lapas, akan kita antisipasi. Jangan sampai terjadi petugas dan warga binaan tertulari,” ujar Kunrat, Kamis, 19 Maret 2020.

Selain menutup akses kunjungan, dikatakannya Lapas Tua Tunu juga akan meniadakan penceramah ataupun kehadiran tokoh agama dari luar yang selama ini bertugas membimbing rohani para warga binaan.

“Sementara untuk petugas penceramah, kita optimalkan petugas dari dalam saja dulu. Untuk saat ini tidak mendatangkan dari luar,” imbuhnya.

Mengenai batas waktu yang diberlakukan dalam membatasi akses ke Lapas Tua Tunu ini, Kunrat mengatakan masih belum menentukan sampai kapan kebijakan ini akan diberlakukan. “Kita belum menentukan batas waktu, karena bagaimana pun kita mau menjamin kesehatan dan keselamatan para warga binaan dan petugas kita. Jangan sampai ada yang tertulari,” tegasnya.

Lalu bagaimana dengan kiriman makanan untuk warga binaan di dalam? Kunrat mengatakan pengunjung Lapas masih bisa mengirimkan makanan kepada warga binaan. “Pengirim dicatat, diperiksa isinya, dan wadahnya langsung dikembalikan,” tuturnya.

Adapun untuk warga binaan ‘pendatang baru’ di Lapas Tua Tunu, selama masa kewaspadaan terhadap Covid-19, warga binaan baru itu akan lebih diteliti dan melewati fase karantina khusus selama 14 hari. “Semua langkah yang kita lakukan ini, sekali lagi untuk menjamin kesehatan semua yang ada di sini,” pungkasnya.

Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button