NEWS

Pemkab Bangka Siapkan Dana Rp 38,9 Miliar untuk Antisipasi Virus Corona

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Untuk menanggulangi virus corona, Pemerintah Kabupaten Bangka telah menyiapkan dana sebesar Rp 38,9 Miliar. Anggaran tersebut diambil dari pengalihan Dana Insentif Pegawai (DID), yang mengacu berdasar Permendagri dan PermenKeu tentang penyaluran dana alokasi umum, khusus dan Dana Insentif Daerah yang merupakan dasar yang harus dilakukan pergeseran dalam penerapan untuk pencegahan Penyebaran virus Corona di Kabupaten Bangka.

Bupati Bangka, Mulkan mengatakan dengan adanya dua Permen tersebut yang sudah dialokasikan, maka DID digeser untuk pencegahan penyebaran Covid-19, yang akan dibagi dalam beberapa kelompok, kategori pelayanan dasar bidang kesehatan mencakup diantaranya display di media cetak, biaya operasional untuk penanganan Covid-19, biaya pengiriman specimen serta pembangunan ruang isolasi dan lain – lain yang dibutuhkan dalam keperluan penanganan virus corona.

“Jika dana tersebut tidak cukup maka akan diambil dari DAU, selain itu, kita juga membentuk gugus tugas yang diketuai Sekda Bangka, dan untuk pencegahan langsung dan rujukan difokuskan di RSU Eko Maulana Ali serta membangun dan menyiapkan ruang isolasi khusus corona,” jelas Bupati Bangka Mulkan, Kamis 19 Maret 2020 di Sungailiat.

Selain menyiapkan anggaran untuk sarana dan prasarana, dirinya juga akan terus gencar mensosialisasikan dan mengedukasi upaya pencegahan penyebaran Virus Corona kepada seluruh pihak, serta lebih memperhatikan kondisi kebugaran menjaga hidup bersih dan sehat, sehingga imunitas tubuh tetap terjaga dan tidak rentan terkena virus.

Penulis : Vera

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button